Padang PanjangSumatera Barat

SMPN 1 Padang Panjang Laksanakan PTS Berbasis Android

119
×

SMPN 1 Padang Panjang Laksanakan PTS Berbasis Android

Sebarkan artikel ini
Wako Fadly Amran Kunjungi Smpn 1 Padang Panjang
Wako Fadly Amran kunjungi SMPN 1 Padang Panjang. (f/kominfo)

MJNEWS.ID – Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano mengapresiasi Penilaian Tengah Semester (PTS) berbasis Android yang dilaksanakan SMPN 1. Menurutnya, sekolah ini telah menunjukkan langkah maju, beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

“Sekolah-sekolah harus adaptif terhadap perkembangan teknologi. Inilah yang diperlihatkan SMPN 1. Saya mengimbau seluruh sekolah agar terus berinovasi dan meningkatkan mutu,” katanya, Senin (2/10/2023), saat meninjau sekolah tersebut didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Muji Sirwanto, M.Pd.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Kepala SMPN 1, Ermita, S.Pd mengatakan, sejak satu tahun terakhir, sekolah ini telah melaksanakan asesmen berbasis Android. Proses penilaian berbasis Android dilaksanakan dengan dukungan 13 unit access point dan 218 unit tablet.

“Proses asesmen dilaksanakan menggunakan aplikasi yang dikembangkan Tim IT SMPN 1,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, proses ujian terlaksana dengan menggunakan jaringan Lokal Area Network (LAN). Jadi siswa tidak bisa mengakses internet secara online. Apalagi soal disajikan secara acak. Berbagai bentuk soal dirancang oleh guru.

“Selama ujian berlangsung, siswa tidak dapat mengakses aplikasi lain. Karena jika siswa keluar dari jendela aplikasi ujian, maka secara otomatis akan terkunci oleh sistem,” sebutnya.

Setelah ujian terlaksana, lanjutnya, guru bisa langsung mengetahui hasil ujian siswa dengan segera.

“Dengan sistem ujian seperti ini diharapkan dapat meningkatkan semangat siswa untuk belajar dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian, mengembangkan karakter jujur dan disiplin,” tuturnya.

(hr/arb)

Kami Hadir di Google News