banner pemkab muba
Padang PanjangReligiSumatera Barat

MUI Padang Panjang Gelar Muzakarah Kriteria Pemimpin

205
×

MUI Padang Panjang Gelar Muzakarah Kriteria Pemimpin

Sebarkan artikel ini
Ketua Mui Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar
Ketua MUI Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar. (f/kominfo)

MJNEWS.ID – Hadirkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat, Buya Dr. Gusrizal Gazahar, Lc, M.Ag, MUI Kota Padang Panjang gelar muzakarah. Mengangkat tema “Dampak Money Politic dalam Memilih Calon Pemimpin dan Kriteria Pemimpin dalam Islam”, kegiatan digelar di Kantor MUI, Komplek Islamic Center Padang Panjang, Rabu (18/10/2023).

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Drs. Maiharman menyampaikan, money politic merupakan salah satu bentuk pelanggaran yang pada hakikatnya mencederai demokrasi bahkan merusak moral bangsa.

“Hal ini perlu kita sikapi dan disampaikan ke tengah-tengah masyarakat di Kota Padang Panjang. Dengan harapan, tema yang diangkat dalam muzakarah ini dapat benar-benar sampai dan diamalkan masyarakat kita,” harapnya

Sementara itu, Buya Gusrizal sebagai pemateri menyampaikan, kafa’ah seorang pemimpin bertitik tolak kepada dua poros utama yaitu saleh dan muslih.

“Dengan kemampuan itulah, ia bisa diharapkan membawa perubahan ke arah yang lebih baik untuk mewujudkan kemaslahatan dunia dan akhirat,” tuturnya.

Dijelaskannya, persyaratan keislaman, keadilan, kejujuran, keilmuan, kemampuan fisik dan kecakapan dalam kepemimpinan, kewibawaan, merupakan jabaran dari dua poros utama tersebut.

“Jabatan bukanlah tujuan, tapi hanyalah wasilah untuk menyebarkan kesalehan dan kemaslahatan. Siapa saja yang memenuhi kriteria ini, tentu akan berpantang dengan menjangkau jabatan dengan kepalsuan, kebohongan, kecurangan, pembelian suara dan lainnya,” ungkapnya.

(and/arb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600