Padang PanjangSumatera Barat

Pj Wako Padang Panjang Buka Qasidah Serambi Fest

172
×

Pj Wako Padang Panjang Buka Qasidah Serambi Fest

Sebarkan artikel ini
Pj Wako Padang Panjang Buka Qasidah Serambi Fest
Pj Wako Padang Panjang, Sonny Budaya Putra Buka Qasidah Serambi Fest dalam rangkaian Padang Panjang art Fest III. (f/kominfo)

Mjnews.id – Qasidah Serambi Fest Tingkat Provinsi Sumatera Barat resmi dibuka Penjabat Wali Kota, Sonny Budaya Putra, di halaman Medan Nan Bapaneh (Amphiteater) PDIKM Rabu (15/11/2023). Ini merupakan rangkaian Padang Panjang Art Fest III-2023.

Kegiatan tersebut diikuti lebih kurang 100 orang mulai dari solo song dan kelompok rebana yang akan berlangsung selama dua hari.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Sonny mengapresiasi Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) yang sudah menyelengarakan kegiatan ini bersama Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Padang Panjang. Tema kegiatan ini, Qasidah Serambi sejalan dengan Kota Serambi Mekkah. Dengan kegiatan ini akan menuntun bagaimana membumikan Serambi Mekkah melalui seni, salah satunya dengan qasidah ini.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-233. Selain itu juga untuk menciptakan bibit baru bagi qasidah dan kelompok rebana Padang Panjang.

“Ajang ini sekaligus persiapan bagi Sumbar khususnya Padang Panjang untuk bisa ikut qasidah tingkat nasional. Semoga dengan kegiatan ini bisa membangkitkan jiwa seni yang bernuansa islami,” katanya.

Sonny mengucapkan selamat berlomba bagi peserta, dan dalam perlombaan tentu ada menang dan kalah. Bagi yang kalah jangan berkecil hati, tetap semangat dan tingkatkan lagi ke depannya.
Usai kegiatan ia juga mengajak para peserta agar tidak langsung pulang, namun silakan menikmati udara sejuk Padang Panjang dan wisata kulinernya terlebih dahulu.

Sedangkan Ketua Lasqi Sumbar, Ismail Usman mengapresiasi Padang Panjang untuk jadi tuan rumah kegiatan yang diikuti banyak peserta ini.

“Perlu diketahui sejak adanya Lasqi ini, kegiatan qasidah sudah mulai kita gaungkan. Sudah banyak bibit-bibit profesional. Kita berharap nanti di Padang Panjang akan ada bibit baru untuk kategori vokalis qasidah serta kelompok rebana,” katanya.

Selain itu Ismail juga berharap agar ke depan kegiatan serupa diadakan lagi, tidak berhenti sampai di sini saja.

Kepala Disporapar, Nurasrizal, menyampaikan, hingga saat ini sudah 100 peserta yang mendaftar. Peserta ini akan memperebutkan total hadiah sebanyak Rp40 juta.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menyemarakkan syiar Islam di Padang Panjang. Sekaligus ajang silaturahmi antara peserta dan Majelis Taklim se-Sumbar.

“Kita harap kegiatan ini bisa menyemarakkan HJK 233 dan menghasilkan bibit baru kategori qasidah untuk Padang Panjang,” tutupnya.

(cgs/arb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT