banner pemkab muba
Padang PariamanSumatera Barat

Gubernur Sumbar Resmikan Nagari Bersinar di Pauh Kamba, Padang Pariaman

173
×

Gubernur Sumbar Resmikan Nagari Bersinar di Pauh Kamba, Padang Pariaman

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Resmikan Nagari Bersinar Di Pauh Kamba, Kabupaten Padang Pariaman
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Resmikan Nagari Bersinar di Pauh Kamba, Kabupaten Padang Pariaman. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengajak seluruh pihak berperan aktif dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di Sumatera Barat (Sumbar). Menurutnya, upaya antisipasi itu bisa menjadi lebih efektif jika dimulai dari tingkat nagari atau desa.

“Pada tingkat nagari, ada ninik mamak (perangkat adat) dan ulama yang memiliki peran edukasi dan pengawasan di tengah masyarakat. Dengan mengoptimalkan kembali peran tersebut, upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba bisa menjadi lebih efektif,” kata Mahyeldi saat meresmikan Nagari Bersih Narkoba (Bersinar) di Nagari Pauh Kamba, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (7/9/2023).

Gubernur menegaskan, program Nagari Bersinar dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar itu, selaras dengan komitmen yang telah disepakati antara Pemprov dengan Polda Sumbar terkait pemberantasan narkoba yang saat ini semakin meresahkan di Sumbar.

“Kasus penyalahgunaan narkoba di Sumbar sudah semakin meresahkan. Kasus itu tidak hanya di perkotaan tetapi telah merambah hingga nagari atau desa. Perlu langkah konkret untuk mengatasi salah satunya melalui program Nagari Bersinar,” ujar Mahyeldi.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur juga mengapresiasi komitmen masyarakat Nagari Pauh Kamba terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba di daerahnya. Gubernur berharap semoga apa yang dilakukan masyarakat tersebut, dapat menginsiprasi masyarakat di nagari atau desa lainnya di Sumbar sehingga mereka ikut tergerak untuk melakukan hal yang sama.

Lebih jauh Mahyeldi juga mengatakan, saat ini upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba tidak lagi hanya berfokus kepada aspek pidana, khusus untuk pemakai telah ada opsi rehabilitasi.

“Kita di Sumbar, sudah punya tempat untuk rehabilitasi narkoba di RSJ HB Saanin Padang yang bisa dimanfaatkan untuk pemulihan pemakai, jadi opsinya tidak lagi hanya pidana tapi juga ada upaya pemulihan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur menyampaikan dukungan penuh pada program Nagari Bersinar di Pauh Kamba. Ia meminta seluruh elemen masyarakat tetap menjaga komitmen

“Ke depan juga perlu dibentuk tim relawan bersih narkoba serta menggalakkan kembali agen perubahan untuk memaksimalkan pelaksanaan program Nagari Bersinar,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu, selain peresmian nagari Bersinar, Plt Kepala BNN P Sumbar, Fortuna Maisari juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya narkoba dan mekanisme upaya pemberantasan melalui Nagari Bersinar.

(adpsb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600