Pasaman BaratPolitikSumatera Barat

Politisi Senior Pasaman Barat, Baharuddin Raaban Pindah ke Partai Ummat

236
×

Politisi Senior Pasaman Barat, Baharuddin Raaban Pindah ke Partai Ummat

Sebarkan artikel ini
Baharuddin Raaban Atau Yang Lebih Dikenal Dengan Inyiak Bahar, Saat Melakukan Pertemuan Bersama Sejumlah Wartawan
Baharuddin Raaban atau yang lebih dikenal dengan inyiak Bahar, saat melakukan pertemuan bersama sejumlah wartawan di Jalur 32, Senin (14/8/2023). (f/widra hayadi)

Mjnews.id – Politisi senior Pasaman Barat dan mantan Bupati dua periode, H. Baharuddin Raaban resmi pindah haluan dari Partai Amanat Nasional ke Partai Ummat pada Jumat (11/8/2023) lalu. Menurutnya, kepindahannya ini karena sudah tidak nyaman dalam berpolitik di eks partai yang sebelumnya.

Hal ini disampaikan Baharuddin atau yang lebih dikenal dengan inyiak Bahar, saat melakukan pertemuan bersama sejumlah wartawan di Jalur 32, Senin (14/8/2023).

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

“Saya merasa sudah tidak nyaman berada di Partai PAN, untuk itu makanya saya pindah ke Partai Ummat, Saya tidak dikeluarkan dari dari partai melainkan saya sendiri mengundurkan diri dari PAN,” kata Baharuddin.

Menurutnya, daripada nanti timbul gesekan dan pro kontra makanya kesimpulan itu dilakukan. Di Partai Ummat sendiri, Ia disambut dengan sangat baik, hal ini ditandai dengan diberikannya nomor urut 1 untuk dapil satu, Kecamatan Pasaman dan Talamau, dalam pileg DPRD Pasaman Barat di 2024 mendatang.

Ditanya terkait persoalan PAW, ia menyampaikan sampai saat ini ia masih anggota DPRD yang sah. Sampai hari ini belum ada proses PAW. Bila nanti ada proses PAW saya ikhlas dan tidak akan mempersoalkan persoalan tersebut. Saya mundur, bukan diberhentikan.

Inyiak Bahar juga menjelaskan meskipun Ia keluar dari PAN namun hubungan silaturahminya dengan eks partainya itu tidak akan pernah terputus, karena dalam berpolitik hal-hal semacam ini sudah menjadi lumrah.

“Saya bukan orang yang pendendam, meskipun saat ini saya pindah dari PAN namun hubungan silaturahmi akan tetap saya jaga,” tegas Inyiak.

Di lain sisi, sebagai politisi senior, Ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk lebih dewasa dalam berdemokrasi saat menyongsong pesta pemilu pada 2024 mendatang, jangan sampai pesta demokrasi itu merusak tatanan kehidupan dan silaturahmi di tengah-tengah masyarakat.

“Dalam pesta pemilu 2024 mendatang kita harus selalu menjaga persatuan, gesekan di tengah masyarakat itu pasti ada, jangan sampai memecah silaturahmi kita. Berbeda pilihan itu adalah hal yang wajar namun persatuan harus tetap dipertahankan,” tegasnya.

(wid)

Kami Hadir di Google News