Pesisir SelatanSumatera Barat

Hari Santri, Kafilah KUA Ranah Pesisir Borong Juara 1, 2 dan 3 Cabang Tahfiz Quran Juz 30

193
×

Hari Santri, Kafilah KUA Ranah Pesisir Borong Juara 1, 2 dan 3 Cabang Tahfiz Quran Juz 30

Sebarkan artikel ini
Kafilah Kua Ranah Pesisir Borong Juara 1, 2 Dan 3 Cabang Tahfiz Quran Juz 30
Kafilah KUA Ranah Pesisir Borong Juara 1, 2 dan 3 Cabang Tahfiz Quran Juz 30 di peringatan Hari Santri 2023. (f/diskominfo)

MJNews.id – Hari Santri Nasional diperingati di Indonesia pada 22 Oktober setiap tahunnya. Hal ini ditetapkan dengan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Pada tahun 2023 ini, upacara hari santri dilaksanakan pada Ponpes Iqra Baruang-Baruang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Minggu, 22 Oktober 2023.

Upacara hari santri dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB, Selaku Inspektur Upacara Sekretaris Daerah (Pessel) Pessel, Mawardi Roska mewakili Bupati.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam kegiatan tersebut hadir langsung Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka. Kan. Kemenag) Pessel, Abrar Munandar, Forum Komunikasi Pesantren se-Pessel, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Pessel, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Lengayang dan Ranah Pesisir, Segenap Guru Madrasah serta para santri Ponpes Iqra.

Kepala KUA Ranah Pesisir, Toni Nasrianto mengatakan, pada Hari Santri Nasional 2023 ini tema yang diusung yaitu “Jihad Santri Jaya Kan Negeri”.

“Peringatan Hari Santri Nasional 2023 dapat dilakukan melalui kegiatan zikir, shalawat, munajat, doa, dan kegiatan lainnya yang relevan dengan tema. Pada tahun ini kemenag Kabupaten Pesisir Selatan mengadakan beberapa lomba dalam memeriahkan Kegiatan hari santri,” jelasnya, Minggu (22/10/2023).

Kemenag Pessel mengadakan beberapa rangkaian kegiatan lomba untuk memeriahkan Hari Santri 2023, salah salah satunya cabang lomba Tahfiz quran juz 30 Dari TPQ dan MDT.

“Kami kali ini hanya mengutus 3 orang kafilah saja, yaitu kafilah Juz 30 PA & PI dari Kafilah TPQ Alhamdulillah Membawa juara 1 dan 2, dab kafilah Juz 30 Hanya Mengutus Satu Orang Saja Dari Kafilah MDT kami Mendapatkan juara 3,” ujar Toni Nasrianto.

Dalam kegiatan tersebut, Penyuluh Agama Islam KUA Ranah Pesisir, Buya Zarmon mengatakan, ketiga Kafilah ini nanti sebagai aset bagi kami guna menuju MTQ tingkat Kabupaten pada tahun 2024 di Kecamatan Sutera.

Upacara Hari Santri tersebut dimeriahkan juga oleh penampilan terbaik para santri ponpes Iqra Baruang-Baruang kecamatan Koto XI Tarusan, penampilan puisi santri, solo song, antraksi bela diri Tapak Suci, pantomim, tarian tradisional dan lain lain. Penampilan dari para santri tersebut membuat para tamu undangan upacara Hari Santri 22 Oktober 2023 takjub dengan penampilan santri-santri tersebut.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT