Solok SelatanSumatera Barat

Wakil Ketua TP-PKK Solsel: Stunting Pengaruhi Kualitas Hidup Jika Tak Segera Ditangani

194
×

Wakil Ketua TP-PKK Solsel: Stunting Pengaruhi Kualitas Hidup Jika Tak Segera Ditangani

Sebarkan artikel ini
Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan Sangir Jujuan
Rembuk stunting tingkat Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan, Rabu (27/7/2023). (f/kominfo)

Mjnews.id – Masalah stunting yang saat ini sudah menjadi perhatian secara nasional harus ditangani dengan serius. Sebab kondisi ini akan berdampak pada kelangsungan generasi penerus di masa depan.

Wakil Ketua TP-PKK Solok Selatan, Ny. Bet Yulian Efi mengatakan rembuk stunting merupakan wujud dan perhatian bersama mulai dari tingkat kecamatan untuk tingkat kabupaten.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Masalah stunting tidak hanya mempengaruhi kualitas hidup individu, tetapi juga berdampak pada pertumbuhan serta perkembangan bangsa,” kata Bet dalam pembukaan rembuk stunting tingkat Kecamatan Sangir Jujuan, Rabu (27/7/2023).

Selain itu, Bet juga menghimbau agar seluruh pihak yang terlibat mengindentifikasi apa saja penyebab terjadinya stunting. Ini bertujuan supaya diperhatikan dari awal masa remaja, calon pengantin, serta proses kehamilan hingga tumbuh kembang anak.

Paling penting adalah peran tenaga medis yang terlatih, namun juga perlu menjadi perhatian bersama dari berbagai pihak.

Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Aidil Hasri mengatakan saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyediakan dan memprioritaskan dana desa yang masuk di nagari.

“Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya, minimal 10%. Wadah percepatan penurunan stunting ialah kader pembangunan manusia (KPM) yang dimulai dari nagari,” terangnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan stunting dan penandatanganan Komitmen Bersama Mendukung penuh upaya percepatan, pencegahan dan penanggulangan stunting di Kecamatan Sangir Jujuan.

Turut hadir juga Ketua Bidang II PKK Solok Selatan Ny. Fitri Syamsurizaldi, Camat Sangir Jujuan Aidil Hasril, MM, Tim Satgas Stunting BKKBN Sumbar dan juga Tim Dinas Pertanian Solok Selatan, Unsur Forkopimcam dan lainnya.

(sus)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT