banner pemkab muba
Solok SelatanSumatera Barat

11.493 KPM di 4 Kecamatan Solsel Terima Beras Bantuan CBP Tahap II

197
×

11.493 KPM di 4 Kecamatan Solsel Terima Beras Bantuan CBP Tahap II

Sebarkan artikel ini
Beras Bantuan CBP Tahap II
Penyerahan Beras Bantuan CBP Tahap II di Kabupaten Solok Selatan. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kabupaten Solok Selatan pada empat kecamatan telah menerima beras bantuan dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahap Kedua.

Kecamatan Sangir dan Sangir Batang Hari diserahkan kemarin, sedangkan Kecamatan KPGD dan Pauh Duo diserahkan hari ini, Selasa 26 September 2023.

Penyaluran bantuan pangan tahap II ini diberikan kepada 11.493 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah pangan beras sebanyak 34.479 kilogram. Setiap keluarga akan memperoleh 10 kg untuk jangka waktu 3 (tiga) bulan terhitung mulai bulan September hingga November 2023.

Bupati Solok Selatan yang diwakili Asisten Pemerintahan, H Efi Yandri mengatakan penyaluran beras pangan dari Badan Pangan Nasional ini adalah dalam rangka antisipasi, mitigasi, dan pelaksanaan penanggulangan kekurangan pangan yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga.

“Program bantuan pangan ini merupakan kewajiban pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat sesuai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan,” kata Efi Yandri di Jorong Bulantiak, Nagari Kapau Pauh Duo, Selasa (26/09/2023).

Sementara beras pangan yang disalurkan untuk masyarakat KPM di Kecamatan Pauh Duo sebanyak 1.680 keluarga.

Dengan rincian, untuk KPM Nagari Alam Pauh Duo sebanyak 784 KK, KPM Nagari PDNB 260 KK, KPM Nagari Luak Kapau Alam Pauh Duo 323 KK dan KPM Nagari Kapau Alam Pauh Duo sebanyak 313 KK.

Selain penyerahan bantuan pangan, juga diserahkan beasiswa pendidikan senilai 24.5 juta rupiah bagi 35 orang dan bantuan konsumtif senilai 16 juta untuk 32 orang penerima dari BAZNas Solok Selatan.

Pihak PT Supreme Energi Muaralabuh juga turut memberikan santunan kepada 65 orang anak yatim yang ada di nagari Kapau Alam Pauh Duo.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala OPD, Camat, Forkopimcam, Baznas Solok Selatan, perwakilan PT Supreme Energy Muara Labuh dan undangan lainnya.

(sus)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600