banner pemkab muba
Tanah DatarSumatera Barat

Bupati Tanah Datar Hadiri Silaturahmi Akbar PKLTD Rantau Sumatera Utara

158
×

Bupati Tanah Datar Hadiri Silaturahmi Akbar PKLTD Rantau Sumatera Utara

Sebarkan artikel ini
Bupati Tanah Datar Hadiri Silaturahmi Akbar PKLTD Rantau Sumatera Utara
Bupati Tanah Datar Hadiri Silaturahmi Akbar PKLTD Rantau Sumatera Utara. (f/prokopim)

Mjnews.id – Bupati Tanah Datar, Eka Putra menghadiri Silaturahmi Akbar Perkumpulan Keluarga Luhak Tanah Datar (PKLTD) Rantau Sumatera Utara di Rumah Gadang BM3 Sumatera Utara pada Sabtu (8/7/2023) sore.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Tanah Datar, Roni Mulyadi Dt. Bungsu, serta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengajak para orang tua untuk terus meningkatkan pemahaman agama Islam dan adat Minangkabau kepada anak-anak dan kemenakan mereka. Hal ini dianggap sangat penting dan sejalan dengan filosofi Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa penting bagi orang tua untuk mendidik anak-anak dengan memperdalam ilmu agama, mencintai Al-Quran hingga hafal, serta memahami ilmu adat Minangkabau sebagai bagian dari jati diri orang Minang.

Dia berharap melalui pendidikan ini, Tanah Datar dapat melahirkan pemimpin-pemimpin berkualitas yang mampu mengubah dunia dan mencerahkan peradaban bangsa.

Selain itu, Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa perlu diadakan seminar adat bagi anak-anak kemenakan dan generasi muda Tanah Datar di perantauan. Dia juga mengusulkan untuk mendatangkan narasumber dari ranah adat dalam seminar tersebut.

Bupati Eka Putra juga menjelaskan tentang berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan di daerah, seperti program satu nagari satu event, bajak sawah gratis, kuota pupuk bersubsidi, perbaikan jaringan irigasi, asuransi tani dan ternak, serta program keagamaan satu rumah satu hafizh/hafizah. Ia berharap program-program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan bahwa Kabupaten Tanah Datar telah meraih banyak prestasi dari Pemerintah Pusat dalam berbagai bidang, seperti pengendalian inflasi daerah, perhatian terhadap sektor pertanian, pengendalian penduduk dan penurunan angka stunting. Dia menyatakan rasa syukur atas prestasi-prestasi ini.

Ketua Umum PKLTD Sumut, Mark Yunan Sirhan, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kehadiran Bupati, Ketua DPRD, dan rombongan dalam acara silaturrahmi akbar dengan tema “Dengan silaturrahmi akbar kita jadikan PKLTD Rantau Sumatera Utara sebagai Kekuatan Agama & Budaya Minang di Sumatera Utara”.

Ia juga mengajak warga Tanah Datar yang belum bergabung dengan PKLTD untuk bergabung dan merasakan manfaat yang diberikan.

Selain itu, Ketua BM3 Sumatera Utara, H. Syahruddin Ah mengungkapkan kekagumannya terhadap Bupati Eka Putra dan fokusnya dalam membangun komunikasi dengan para perantau. Ia mengapresiasi kegiatan silaturrahmi akbar tersebut yang membahas tentang adat, karena saat ini masih kurangnya pemahaman terhadap adat di negara ini.

Ia berharap tema yang diangkat dalam acara ini dan kedatangan tokoh adat dapat meningkatkan wawasan paguyuban dan masyarakat Tanah Datar serta Minangkabau pada umumnya.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600