PolitikJawa Timur

Didukung Ulama NU dan Kaum Muda, Jazilul Fawaid Yakin Tambah Kursi PKB di Jatim II

282
×

Didukung Ulama NU dan Kaum Muda, Jazilul Fawaid Yakin Tambah Kursi PKB di Jatim II

Sebarkan artikel ini
Gus Jazil Bertemu Dengan Sejumlah Ulama Nu Di Wilayah Bangil, Pasuruan
Gus Jazil bertemu dengan sejumlah ulama NU di wilayah Bangil, Pasuruan, Sabtu (8/7/2023) malam. (f/pkb)

Mjnews.id – Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid (Gus Jazil) optimistis pencalonan putranya, Muhammad Hilman Mufidi (Gus Hilman) sebagai anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur II meliputi wilayah Pasuruan dan Probolinggo bakal berdampak sangat positif terhadap elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Optimisme Gus Jazil lantaran pencalegan Gus Hilman banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat Pasuruan dan Probolinggo, terutama kalangan kiai Nahdlatul Ulama (NU) dan kaum muda. ”Kalau sebelumnya di Dapil Jatim II PKB mendapatkan dua kursi, insya Allah pada Pemilu 2024 nanti, kursi PKB di Dapil Jatim II Pasuruan-Probolinggo bisa bertambah 3 hingga 4 kursi,” tutur Gus Jazil, usai bertemu dengan sejumlah ulama NU di wilayah Bangil, Pasuruan, Sabtu (8/7/2023) malam.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Potensi bertambahnya kursi di Dapil Jatim II juga dipicu banyaknya caleg “petarung” yang diusung PKB di dapil tersebut. Selain Gus Hilman, ada juga sejumlah caleg “petarung” lainnya antara lain dua caleg petahana (incumbent) yakni Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Reza dan Anisa Syakur, juga ada nama kuat lainnya yakni Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Stafsus Menteri Desa PDTT Malik Haramain, mantan dubes Safira Machrusah, dan Tenaga Ahli DPR RI Mashudi Umar. ”Kalau melihat daftar calegnya, saya sangat yakin kursi PKB bisa bertambah,” tuturnya.

Bagi Gus Jazil, Dapil Jatim II memiliki kesan tersendiri. Selain memang menjadi basis suara PKB, Gus Jazil juga pertama kalinya maju sebagai anggota DPR RI dari Dapil Pasuruan-Probolinggo. “Ini menjadi niostalgia bagi saya karena dapil pertama saya sebagai anggota DPR ya dari Pasuruan-Probolinggo. Ketika sekarang putra saya, Hilman Mufidi, maju dari sini, ini membangkitkan memori perjuangan saya dulu,” tuturnya.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB ini mengatakan bahwa sebagai Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPP PKB, dirinya memiliki tanggungjawab untuk menambah kursi. ”Kami punya mandat untuk menambah perolehan kursi PKB DPR RI dari 58 kursi menjadi 100 kursi pada Pemilu 2024 nanti,” katanya.

Gus Jazil sengaja mengusung puteranya sebagai caleg DPR RI karena PKB melihat Pemilu 2024 menjadi momentum anak muda. Sebab, sebagian besar pemilih nantinya adalah pemilih muda. Selain itu, pencalegan Gus Hilman juga bagian dari regenerasi yang dilakukan oleh PKB. Gus Jazil tidak ingin kader-kader muda NU hanya jadi penonton atau tim sukses alam perpolitikan nasional, namun harus ikut berperan langsung.

”Sekarang ini eranya Gen Z dan milenial, mohon doa sekaligus pamit supaya perjuangan PKB yang dilahirkan oleh para ulama dan Pasuruan dan Probolinggo bisa mendapatkan 3 atau 4 kursi. Saya titipkan putera saya untuk dibimbing dan diarahkan oleh para kiai,” paparnya.

Sementara itu, Rois Syuriyah PCNU Bangil KH Abdul Rohim mendoakan agar Gus Hilman bisa terpilih sebagai anggota DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang. ”Kami terima dengan baik dan kami doakan agar pelaksanaan pemilu nanti berjalan lancar dan Mas Hilman bisa diterima oleh masyarakat Pasuruan,” tuturnya.

Dikatakan Kiai Rohim, sebagai pemuka agama, dirinya mendoakan agar apa yang dicita-citakan Gus Hilman bisa terwujud. ”Banyak dari teman yang maju DPR RI semua tergantung kita. Kita doakan semoga masyarakat bisa menerima dan nantinya jika terpilih bisa memberikan manfaat bagi umat, terutama bagi warga NU,” tuturnya.

Senada dengan Kiai Rohim, Ketua Tanfidziyah PCNU Bangil KH Sobri Sutroyono juga mendoakan agar langkah Gus Hilman maju sebagai caleg DPR RI dari PKB bisa mendaptkan rida Allah SWT dan kelak bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk umat, khususnya bagi warga Pasuruan dan Probolinggo.

Sementara itu, sebagai anak muda, Gus Hilman berharap agar langkahnya maju sebagai caleg DPR RI mendapatkan dukungan sekaligus bimbingan dari para kiai NU dan masyarakat di Kabupaten/Kota Pasuruan serta Probolinggo. ”Saya siap bekerja keras, mendedikasikan diri, tenaga dan pikiran saya untuk warga Pasuruan dan Probolinggo,” ujar Gus Hilman ketika bertemu dengan para relawan dan kaum muda di Kota Probolinggo, Minggu (9/7/2023).

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT