banner pemkab muba
Tekno

Kabar Baik! Meta Akan Sembunyikan Konten Sensitif dari Pengguna Remaja

119
×

Kabar Baik! Meta Akan Sembunyikan Konten Sensitif dari Pengguna Remaja

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Meta
Ilustrasi Meta. (f/ist)

Mjnews.id – Pada blog resminya, Meta mengumumkan langkah-langkah untuk melindungi remaja dari konten sensitif di Instagram dan Facebook guna menjaga mereka dari konten berbahaya seperti bunuh diri, melukai diri, dan gangguan makan.

Konten sensitif seperti ini akan disembunyikan dari hasil pencarian dan penjelajahan, serta akun remaja akan secara default terikat pada pengaturan kontrol konten yang lebih ketat.

“Kami ingin para remaja mendapatkan pengalaman yang aman dan sesuai dengan usia mereka di aplikasi kami. Hari ini, kami mengumumkan perlindungan tambahan yang difokuskan pada jenis konten yang dilihat remaja di Instagram dan Facebook,” bunyi postingan dari postingan blog Meta sebagaimana dikutip dari The Guardian, Rabu (10/1/2024).

Mereka juga mencatat bahwa meskipun cerita tentang perjuangan seseorang dapat penting, namun topik tersebut mungkin tidak cocok untuk semua remaja. Oleh karena itu, mereka berencana untuk menghapus konten semacam itu dari pengalaman remaja di platform mereka.

Meta di Bawah Tekanan

Kendati demikian, Meta telah berada di bawah tekanan dari berbagai pihak, terutama di Amerika Serikat dan Eropa, terkait dugaan keterlibatan platformnya dalam menimbulkan krisis kesehatan mental pada anak muda. Tuduhan termasuk perilaku ketagihan serta penyebaran konten yang berpotensi berbahaya.

Para petinggi Meta telah dihadapkan pada tekanan dari pemerintah dan pengadilan di berbagai negara, terutama setelah kesaksian mantan karyawan Meta, Arturo Bejar, di Senat AS. Bejar mengungkapkan bahwa perusahaan telah mengetahui masalah pelecehan dan risiko lain yang dihadapi oleh remaja di platformnya, namun gagal untuk mengatasinya.

Tentu saja, bagi Meta dan perusahaan sejenisnya, remaja merupakan pasar yang penting untuk pertumbuhan bisnis. Mereka berusaha menarik remaja sebagai konsumen untuk memperkuat loyalitas merek serta menarik lebih banyak pengiklan. Bersaing dengan platform lain seperti TikTok, Meta berharap dapat mempertahankan dan menarik perhatian remaja, yang bisa menjadi konsumen yang sangat berpengaruh dan potensial.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600