ADVERTISEMENT
Ekonomi

Jangan Mudah Tergiur, Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

115
×

Jangan Mudah Tergiur, Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Sebarkan artikel ini
Uang
Ilustrasi.

Mjnews.id – Inovasi telah melahirkan berbagai kemudahan bagi nasabah dalam konteks perbankan. Pinjaman online (Pinjol) pun menjadi salah satu produk yang lahir berkat inovasi teknologi perbankan tersebut.

Nah, sistem pinjaman online tentu bisa mempersingkat waktu karena tak terlalu banyak persyaratan. Pinjaman online pun bisa langsung dilakukan oleh nasabah berkat sistem terintegrasi secara online.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Sebelum melakukan pinjaman online, Anda harus cermat dalam memilih fintech lending yang terpercaya dan kredibel. Sebaiknya, pilihlah fintech yang sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) supaya Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Anda juga harus menimbang kelebihan dan kekurangan pinjaman online sebelum memutuskan mengajukan pinjaman.

Kelebihan Pinjaman Online

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan pinjaman online. Setidaknya ada enam kelebihan ini yang hanya akan Anda dapatkan via fintech yang kredibel serta telah mengantongi izin dari OJK.

Simak penjelasan mengenai kelebihan dari pinjaman online berikut:

1. Syarat dan ketentuan lebih mudah

Biasanya layanan pinjaman online menghadirkan syarat dan ketentuan yang relatif mudah. Kemudahan inilah yang dicari sebagain besar nasabah untuk mendapatkan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif dengan cepat.

Namun di balik kemudahan tersebut, Anda perlu lebih hati-hati dan cermat memilih layanan pinjaman online karena saat ini banyak pula fintech yang tak bertanggung jawab dan melakukan penipuan terhadap nasabahnya. Pastikan Anda memilih layanan pinjaman online yang memang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Pengajuan lebih mudah

Umumnya layanan pinjaman online juga memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman dengan cepat. Biasanya Anda hanya cukup mengajukan pinjaman melalui genggaman smartphone saja.

Meskipun pada dasarnya setiap fintech menyediakan persyaratan yang berbeda, tetapi syaratnya tersebut terbilang cukup praktis. Anda tidak harus melakukan proses interview untuk mengajukan pinjaman karena biasanya perusahaan pembiayaan akan memeriksa kelengkapan persyaratan yang telah Anda ajukan secara online hanya dalam waktu maksimal 2×24 jam.

3. Proses pencairan dana lebih cepat

Kelebihan lain dari layanan pinjaman online yaitu proses pencairan dananya yang cepat dan praktis. Saat Anda mengajukan pinjaman, biasanya data yang Anda masukkan akan diverifikasi terlebih dahulu, setelah semuanya sesuai, maka pengajuan Anda pun akan disetujui.

Jika Anda ingin dana cair dengan cepat, maka pastikan Anda memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku, sesuaikan semua dokumen yang dibutuhkan dan jangan sampai terlewat. Dengan begitu, pengajuan pinjaman online Anda akan segera disetujui oleh pihak fintech.

Baca Juga  Tampil Beda! JNE Resmikan Seragam Kurir Karya Ario Anindito

4. Suku bunga pinjaman terjangkau

Ketika memutuskan untuk melakukan pinjaman dana, suku bunga menjadi hal yang penting diperhatikan oleh peminjam.

Kini, penyedia pinjaman online menawarkan pinjaman dengan suku bunga yang bersahabat dan terjangkau, sehingga selain mendapatkan kemudahan dalam mengajukan dan mendapatkan pinjaman, Anda juga tidak terbebani dengan bunga pinjaman.

Dalam hal ini, Anda sebagai konsumen harus jeli dalam memilih layanan pinjaman online. Pilih penyedia pinjaman online yang menawarkan suku bunga rendah dengan tenor pinjaman yang beragam. Pilihan tenor yang beragam akan membantu Anda untuk menyesuaikan jangka waktu pinjaman sesuai kebutuhan.

5. Aman

Khawatir tentang keamanan dari penggunaan layanan pinjaman online? Atau Anda khawatir karena sering mendengar berita yang tidak baik terkait pinjaman online ini?

Tenang saja, apabila Anda memilih penyedia layanan yang tepat maka Anda akan mendapatkan kenyamanan dan rasa aman ketika menggunakan jasa pinjaman online. Salah satu caranya adalah dengan memilih pinjaman online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga penting lainnya.

Jika telah mendapatkan pengawasan dan izin resmi, maka pinjaman online tersebut aman untuk digunakan.

6. Sebagai modal bisnis

Anda memiliki rencana untuk membuka atau memperluas bisnis tetapi tidak memiliki modal, serta kesulitan untuk meminjam dana kepada bank?

Keuntungan selanjutnya dari melakukan pinjaman online ialah mampu memberikan Anda modal bisnis dengan lebih mudah dan dalam waktu cepat. Dalam berbisnis, cash flow yang lancar menjadi salah satu kunci sukses berbisnis. Apabila kendala tersebut terletak di segi dana, maka Anda tidak perlu khawatir.

Banyak pebisnis dan pelaku usaha yang menggunakan pinjaman online untuk mengembangkan bisnis mereka. Pinjaman online telah membantu banyak pebisnis dan pelaku usaha untuk mengekspansi bisnis mereka.

Apakah Anda sekarang butuh dana cepat? Jika iya, maka pinjaman online ini mampu memenuhi kebutuhan Anda.

Kekurangan Pinjaman Online

Meski memiliki banyak kelebihan, pinjaman online juga tak luput dari kekurangan. Salah satu kekurangannya terletak pada sistem bunga, plafon pinjaman, serta tenor pelunasan.

Sebagai pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman, simak kekurangan pinjaman online berikut:

1. Nominal pinjaman terbatas

Layanan pinjaman online memang memberikan banyak kemudahan bagi nasabah. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa umumnya fintech yang menyediakan layanan pinjaman online akan memberikan nominal atau plafon pinjaman yang lebih terbatas.

Baca Juga  Rapat dengan Menkominfo, Komite I DPD RI Minta Situs Judi, Pinjol dan Asusila Diberantas

Umumnya plafon pinjaman dibatasi hanya sampai belasan atau puluhan juta rupiah saja. Hal ini tentunya menjadi kekurangan layanan pinjaman online jika Anda membutuhkan pinjaman dalam nominal yang lebih besar.

2. Durasi pelunasan singkat

Selain plafon pinjaman terbatas, kekurangan layanan pinjaman online selanjutnya yaitu mengenai durasi pelunasan yang lebih singkat. Umumnya fintech menyediakan pilihan durasi pinjaman mulai dari 30 hari, 6 bulan, dan 12 bulan saja.

3. Bunga cukup tinggi

Kekurangan lain dari layanan pinjaman online yaitu bunga yang lebih tinggi karena sistemnya berlaku harian. Sistem bunga harian memang tidak begitu membebani nasabah yang mengambil tenor pelunasan singkat, tetapi sistem ini akan sangat berat jika nasabah akan mengambil pinjaman dengan tenor pelunasan yang lebih panjang.

Tips dari OJK

Berkembangnya fintech di Indonesia memberikan angin segar bagi siapapun yang butuh pinjaman dalam waktu dekat. Umumnya, fintech lending hanya membutuhkan data pribadi seperti KTP, NPWP, serta akses smartphone untuk melakukan proses pengajuan pinjaman online. Padahal, data pribadi seperti KTP perlu dijaga agar tidak disalahgunakan.

Persyaratan pinjamam online memang cukup simpel. Tetapi nyatanya tidak jarang ada pihak yang mencoba untuk menyalahgunakan informasi dan akses data yang telah diberikan dalam proses pengajuan. Bahkan ada juga beberapa kasus penipuan yang terjadi.

Dari situ, OJK mencoba untuk mengantisipasi aktivitas ilegal lainnya dengan menerbitkan Peraturan OJK (POJK) No.77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI).

Dalam hal ini, OJK mewajibkan pihak fintech mendaftarkan perusahaannya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data dan informasi yang dapat berujung pada tindak kriminal seperti penjualan data pribadi serta keluarga dan kerabat yang jadi korban ancaman.

OJK menginformasikan beberapa tips agar terhindar dari jeratan pinjaman online ilegal:

  • Cek terlebih dahulu apakah lembaga pinjaman online yang hendak Anda hubungi terdaftar dalam situs resmi OJK.
  • Lakukan riset terkait riwayat operasional pihak fintech lending. apakah memiliki rekam jejak digital yang bermasalah atau tidak.
  • Jangan mudah tergiur dengan nominal jumlah pinjaman yang besar, selalu sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan finansial Anda.
  • Selalu periksa persyaratan dan ketentuan dengan jelas. Jika dirasa ada hal yang meragukan, alangkah baiknya untuk membatalkan proses pengajuan online.

Nah, pahami beberapa hal di atas sebelum Anda memutuskan memakai layanan pinjaman online.

(*)

Kami Hadir di Google News