ADVERTISEMENT
Ekonomi

Ini Perbedaan Pinjaman Online dan Bank Konvensional

112
×

Ini Perbedaan Pinjaman Online dan Bank Konvensional

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Pinjaman
Ilustrasi pinjaman. (f/ist)

Mjnews.id – Dalam era digital ini, opsi pinjaman semakin beragam. Pinjaman online dan bank konvensional/lembaga keuangan menjadi dua pilihan utama yang sering dipertimbangkan oleh masyarakat.

Fintech lending (pinjaman online/pinjol) sekarang memang membawa angin segar dalam kebutuhan peminjaman dana kepada nasabahnya. Meski begitu, belum banyak yang mengerti apa saja perbedaan dalam melakukan pinjaman dana di pinjaman online dan bank konvensional/lembaga keuangan.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Fintech merupakan gabungan dari kata “financial” dan “technology”. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknologi baru yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan dan penyampaian layanan dan produk keuangan.

Fintech lending menjadi tren finansial dengan sistem baru ini menarik karena kemudahan dan kecepatan proses pengajuannya.

Sistem keuangan yang digunakan bank saat ini terdiri dari beberapa prosedur yang sangat tradisional dan memakan waktu. Sedangkan konsumen menginginkan sesuatu lebih cepat dan lebih mudah, khas orang zaman now. Masyarakat mencari solusi keuangan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Pinjaman Online dengan Cepat

Nah, artikel ini akan membahas perbedaan kunci antara Pinjol/pinjaman online dan bank konvensional untuk membantu Anda memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan finansial Anda.

Proses Aplikasi dan Persetujuan:

Pinjaman Online: Proses aplikasi pinjaman online terkenal cepat dan mudah. Calon peminjam dapat mengajukan permohonan secara online dan menerima persetujuan dalam waktu singkat, seringkali hanya dalam beberapa jam.

Bank Konvensional: Proses aplikasi pinjaman di bank konvensional memerlukan kunjungan ke kantor bank atau lembaga keuangan. Proses ini dapat memakan waktu lebih lama dan melibatkan lebih banyak dokumen.

Baca Juga  Waket DPD RI Sultan B Najamudin Optimis UMKM Akan Melesat di 2023

Suku Bunga dan Biaya:

Pinjaman Online: Suku bunga pada pinjaman online cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman tradisional. Namun, beberapa pinjaman online menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif, terutama untuk peminjam dengan profil kredit yang baik.

Bank Konvensional: Suku bunga pada bank konvensional biasanya lebih rendah, terutama jika peminjam memiliki sejarah kredit yang baik dan dapat memberikan jaminan.

Persyaratan Dokumen:

Pinjaman Online: Persyaratan dokumen pada pinjaman online cenderung lebih sederhana. Biasanya, hanya dokumen dasar seperti KTP, slip gaji, dan bukti alamat yang diperlukan.

Bank Konvensional: Pinjaman di bank konvensional seringkali memerlukan lebih banyak dokumen, seperti laporan keuangan, jaminan, dan proses penilaian kredit yang lebih mendalam.

Kami Hadir di Google News