ADVERTISEMENT
TNIInternasional

Dubes Selandia Baru Bahas Pembebasan Sandera Pilot Susi Air dengan Pangkogabwilhan III

36
×

Dubes Selandia Baru Bahas Pembebasan Sandera Pilot Susi Air dengan Pangkogabwilhan III

Sebarkan artikel ini
Dubes Selandia Baru Bahas Pembebasan Sandera Pilot Susi Air Dengan Pangkogabwilhan Iii
Dubes Selandia Baru Bahas Pembebasan Sandera Pilot Susi Air dengan Pangkogabwilhan III, Letnan Jenderal TNI Richard TH Tampubolon. (f/ist)

Mjnews.id – Duta Besar (Dubes) Selandia Baru untuk Indonesia, Mr. Kevin Jeffery Burnet, H.E., mencari tahu perkembangan pembebasan sandera pilot Pesawat Susi Air, Capt. Phillip Mark Mehrtens yang sudah satu tahun dalam penyanderaan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP).

Untuk itu, Mr. Kevin Jeffery Burnet, H.E menemui Pangkogabwilhan III, Letnan Jenderal TNI Richard TH Tampubolon, dalam Courtessy Call di Timika Papua Tengah, Selasa 6 Februari 2024.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Kevin menyampaikan maksud kedatangannya dalam rangka membahas tentang upaya pembebasan sandera dengan mengedepankan soft approach. Hal itu merupakan harapan dari pemerintah Selandia Baru.

Baca Juga  Achyar Al Rasyid dan Novi Basuki Bahas Ekonomi Digital dan ChatGPT di Konferensi Influencer di Tiongkok

Dubes memastikan dan menegaskan bahwa Pemerintah Selandia Baru menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada Pemerintah Indonesia.

Dubes Selandia Baru juga menyampaikan pesan khusus dari pemerintah Selandia Baru bahwa kami mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Tanah Papua.

Hal tersebut dijawab oleh Pangkogabwilhan III yang mengatakan bahwa prioritas utama adalah memastikan keselamatan sandera pilot Capt. Phillip Mark Mehrtens.

“Kami meyakini hingga saat ini sandera pilot masih dalam kondisi sehat meskipun ada kesulitan dalam pasokan logistik dan akses terhadap kesehatan,” ujar Letnan Jenderal TNI Richard TH Tampubolon.

Baca Juga  Dandim 0208 Asahan Paparkan Rencana TMMD ke-115 TA 2022

Selanjutnya, karena kondisi pilot yang dijaga ketat oleh Kelompok Bersenjata dan terkadang tinggal bersama dengan masyarakat sipil, sehingga TNI sangat berhati-hati dalam mengambil solusi terbaik terkait masalah ini.

TNI sudah melaksanakan berbagai pendekatan melalui tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat termasuk juga Pemerintah Daerah dan berharap pembebasan sandera bisa dilakukan melalui soft approach.

Mengakhiri pertemuan, Dubes Selandia Baru mengucapkan terima kasih banyak melalui Pangkogabwilhan III atas upaya Pemerintah Indonesia dalam membebaskan sandera dengan mengutamakan keselamatannya.

(*)

Kami Hadir di Google News