ADVERTISEMENT
WisataSumatera BaratTanah Datar

Bupati Tanah Datar Tutup Alek Pacu Jawi Nagari Sawah Tangah, Pariangan

86
×

Bupati Tanah Datar Tutup Alek Pacu Jawi Nagari Sawah Tangah, Pariangan

Sebarkan artikel ini
Alek Pacu Jawi Di Sawah Banda Bawah, Nagari Sawah Tangah, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar
Alek Pacu Jawi di Sawah Banda Bawah, Nagari Sawah Tangah, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. (f/pemkab)

Mjnews.id – Bupati Tanah Datar, Eka Putra, tutup Alek Pacu Jawi di Sawah Banda Bawah, Jorong Monas, Nagari Sawah Tangah, Kecamatan Pariangan, Sabtu 3 Februari 2024.

Ketua PORWI Tanah Datar, A Dt Indomo menyampaikan terima kasih atas kesempatan Bupati Eka Putra untuk menutup alek pacu Jawi Nagari Sawah Tangah.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

“Terima kasih pak Bupati untuk menutup alek Nagari ini. Alhamdulillah sudah 5 kali hari Sabtu sejak 6 Januari kemarin kita laksanakan dengan aman dan lancar. Terima kasih atas dukungan semua pihak dalam menyukseskan kegiatan ini,” sampainya.

Dia juga sampaikan, untuk event alek pacu Jawi di awal tahun 2024 sudah ditutup dan akan dilaksanakan kembali usai bulan ramadhan yang akan dilanjutkan sesuai giliran usai Kecamatan Pariangan, Lima Kaum, Sungai Tarab, Rambatan dan kembali ke Kecamatan Pariangan.

Selain itu, katanya, alek pacu Jawi sejalan dengan Progam Unggulan Satu Nagari Satu Event, dimana salah satu tujuannya adalah membangkitkan budaya dan adat lama untuk dilaksanakan kembali, dan alek pacu Jawi di Sawah Bawah ini sangat diminati oleh pecandu pacu.

Baca Juga  Bupati dan Kapolres Dharmasraya Dengarkan Arahan Kapolri terkait Operasi Ketupat

Sementara Wali Nagari Sawah Tangah mengatakan, alek pacu Jawi merupakan kebanggaan masyarakat dan akan terus dilestarikan dan dipertahankan ke depannya.

Selanjutnya, Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas terlaksananya event anak nagari dengan aman, lancar dan meriah yang banyak dikunjungi masyarakat.

“Ini merupakan event wisata di awal tahun 2024. Saya melihat antusias masyarakat untuk menyaksikannya sangat luar biasa, bahkan hari ini juga dikunjungi dari wisatawan mancanegara perantau,” sampainya.

Dikatakan Bupati, alek pacu jawi merupakan event wisata di Tanah Datar yang sudah menjadi tontonan dan kunjungan wisata domestik dan luar negeri yang dilaksanakan konsisten setiap hari Sabtu.

“Kegiatan pacu Jawi ini merupakan salah satu olahraga budaya tradisi yang masih ada dan menjadi program unggulan kami di Kabupaten Tanah Datar. Ini program kebanggaan kami, bahkan pengunjungnya sangat besar. Mudah-mudahan olahraga pacu Jawi ini juga meningkatkan wisatawan dan ekonomi masyarakat di Nagari tempat lokasi pacu Jawi tersebut,” ucapnya.

Baca Juga  Cegah PMK, Pemprov Sumbar Lakukan Percepatan Vaksinasi Ternak

Untuk itu, tambah Bupati, alek pacu Jawi yang menjadi salah satu objek kunjungan wisatawan di kabupaten Tanah Datar, harus terus dilestarikan untuk masa-masa yang akan datang.

Tidak itu saja, Bupati Eka mengatakan, di samping sebagai event wisata, alek pacu jawi juga sebagai ajang silaturahmi Pemerintah Daerah dengan masyarakat maupun antara sesama masyarakat.

“Dalam event ini, Saya sebagai pimpinan daerah juga bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara langsung. Seperti di areal sawah Banda Bawah ini yang membutuhkan saluran irigasi, dan Insya Allah yang jadi kebutuhan ini akan kita tindaklanjuti melalui dinas terkait,” pungkasnya.

Hadir Anggota DPRD Sumbar, Arkadius Dt. Intan Bano dan Budiman Dt. Malano Garang, Ketua DPRD Tanah Datar, H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu dan Wakil Ketua Saidani, pimpinan OPD, Camat dan Wali Nagari se kecamatan Pariangan, pengurus PORWI Tanah Datar, angku-angku, niniak mamak, tokoh masyarakat dan seluruh pecinta olahraga pacu Jawi.

(*)

Kami Hadir di Google News