BeritaSumatera Barat

Buka VSGA 2024, Gubernur Sumbar Tekankan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja

122
×

Buka VSGA 2024, Gubernur Sumbar Tekankan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja

Sebarkan artikel ini
Vocational Scholl Graduate Academy (Vsga) Tahun 2024 Di Aula Lantai Ii, Universitas Metamedia, Kota Padang
Vocational Scholl Graduate Academy (VSGA) Tahun 2024 di Aula Lantai II, Universitas Metamedia, Kota Padang. (f/pemprov sumbar)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, membuka Vocational School Graduate Academy (VSGA) Tahun 2024 di Aula Lantai II, Universitas Metamedia, Kota Padang, Senin 19 Februari 2024.

Gubernur Mahyeldi menekankan pentingnya peningkatan kompetensi angkatan kerja Sumbar sebelum memasuki dunia kerja.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Tentu kegiatan ini sangat penting bagi tamatan SMK/D1/D3/D4 bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) di Sumbar, dalam meningkatkan daya saing di tengah era revolusi industri. Kita berharap program Vocational School Graduate Academy khusus bagi alumni ini dapat memenuhi kompetensi peserta, sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Kegiatan itu sendiri digelar atas inisiasi Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP Kominfo) Medan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, bekerja sama dengan Diskominfotik Sumbar dan Universitas Metamedia. Gubernur pun berharap agar kegiatan serupa bisa lebih sering digelar di Sumbar.

“Semoga ke depan kegiatan semacam ini lebih banyak dilakukan, demi memberikan sarana pelatihan yang lebih baik kepada adik-adik kita dalam memenuhi kebutuhan tenaga terampil di dunia kerja, khususnya di bidang teknologi,” ucap Gubernur lagi.

Di sisi lain, Kepala BBSDMP Kominfo Medan, Christiany Juditha, mengatakan bahwa program Vocational School Graduate Academy sudah digelar sejak tahun 2018, yang merupakan salah satu program prioritas dari Kementerian Kominfo RI yang bertujuan untuk pengembangan keterampilan digital.

Selain di Sumbar, kegiatan serupa juga digelar di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Bangka Belitung.

“Untuk kegiatan VSGS hari ini, kita laksanakan di Provinsi Sumbar, diikuti oleh 100 peserta selama lima har. Mulai tanggal 19 hingga 23 Februari 2024 nanti, dengan harapan para peserta mendapatkan ilmu, teori, dan praktek, sehingga layak untuk mendapatkan sertifikasi,” kata Christiany.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT