BeritaKabupaten AgamSumatera Barat

15 TPS di Sumbar Gelar PSU 24 Februari, Termasuk TPS 08 Manggopoh Agam

176
×

15 TPS di Sumbar Gelar PSU 24 Februari, Termasuk TPS 08 Manggopoh Agam

Sebarkan artikel ini
Rapat koordinasi pemungutan suara ulang di Sumbar
Rapat koordinasi pemungutan suara ulang. (f/pemkab)

Mjnews.id – Sesuai rekomendasi Bawaslu, sebanyak 15 TPS di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) pada 24 Februari 2024 mendatang.

PSU digelar karena adanya pemilih yang menggunakan hak pilih meski tak ada di daftar pemilih tetap (DPT) atau daftar pemilih tetap tambahan (DPTb).

Ketua KPU Agam, Hendra Susilo menyebutkan, Kabupaten Agam termasuk di antara 15 Kota/Kabupaten yang mengikuti PSU, tepatnya yaitu di tempat pemungutan suara (TPS) 08 Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung.

“PSU di TPS 08 Manggopoh akan digelar untuk 3 pemilihan saja yaitu Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, dan DPD,” sebutnya.

PSU ini diadakan usai KPU Agam menerima rekomendasi dari pengawas TPS karena adanya masyarakat di TPS tersebut yang mencoblos walaupun tidak terdaftar di DPT dan DPTb.

“PSU ini diadakan usai (KPU) menerima rekomendasi dari pengawas TPS akibat adanya masyarakat mencoblos walau tidak terdaftar di dalam DPT dan DPTb. PSU akan diadakan 24 Februari 2024 mendatang,” katanya saat rapat di Kafe Manggopoh, Selasa 20 Februari 2024.

PSU dilaksanakan paling lambat sepuluh hari setelah hari pemungutan suara, sesuai dengan ketentuan pasal 373 UU Pemilu nomor 7 tahun 2017.

Harapannya, PSU di Kabupaten Agam dapat berjalan lebih baik dari Pemilu lalu dengan tetap memegang azas dan prinsip Pemilu serta konsisten dalam menegakkan hukum.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600