BeritaSumatera Barat

Usai Sidak Harga Pasar, Gubernur bersama TPID Sumbar Siapkan Strategi 4K selama Ramadan dan Idulfitri

136
×

Usai Sidak Harga Pasar, Gubernur bersama TPID Sumbar Siapkan Strategi 4K selama Ramadan dan Idulfitri

Sebarkan artikel ini
High Level Meeting Tpid Sumbar
High Level Meeting TPID Sumbar. (f/pemprov)

Mjnews.id – Gubernur Mahyeldi beserta jajaran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumbar meninjau harga komoditi pangan di Pasar Raya Padang, Selasa 5 Maret 2024.

Setelah inspeksi mendadak (sidak) pasar, Gubernur lalu memimpin High Level Meeting (HLM) TPID Sumbar yang dengan fokus bahasan Strategi Pengendalian Inflasi Menjelang Ramadan dan Idulfitri 1445 H, bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumbar.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Hari ini kita sengaja menginspeksi pasar, untuk melihat dan mengetahui secara langsung ketersediaan bahan pangan serta bagaimana harganya. Ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan informasi yang rill, sehingga dapat memperkuat kita dalam mengambil dan menerapkan kebijakan untuk mengantisipasi inflasi dan lonjakan harga bahan pangan selama Ramadan dan Lebaran tahun ini,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Gubernur menyebutkan, dari peninjauan pasar di Pasar Raya Padang, diketahui memang terjadi kenaikan harga sejumlah komoditi seperti beras dan cabe merah.

Namun, untuk ketersediaan barang, Gubernur memastikan sudah mencukupi untuk menyambut Ramadan serta momentum Lebaran sebulan setelahnya. Namun demikian, langkah strategis tetap disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan.

“Seperti cabe, itu stoknya tersedia, dan sebagian ada yang di perjalanan. Ini tugas kita menjaga kelancaran arus barangnya. Begitu pun beras. Hanya mungkin minyak goreng yang agak menipis, sehingga kita akan komunikasi dengan produsen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait minyak goreng ini,” kata Gubernur lagi.

Usai inspeksi pasar, dalam High Level Meeting TPID Sumbar di Kantor Perwakilan BI Sumbar, Gubernur menyampaikan bahwa inspeksi pasar dan HLM TPID Sumbar yang digelar pada hari bersamaan tersebut merupakan tindak lanjut atas arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Dalam rapat yang diikuti oleh Gubernur Mahyeldi di Jakarta pada Senin 4 Maret 2024, yang membahas kesiapan daerah dalam menyambut Ramadan dan idulfitri tahun ini.

“Sebagaimana pembahasan dalam rapat dengan Bapak Mendagri, tingkat inflasi Sumbar pada Februari 2024 ada di angka 3,23 year on year (yoy), dan itu berada di atas inflasi nasional yang tercatat 2,75 yoy. Sebagai langkah strategis untuk mengatasi lonjakan inflasi ini, terlebih akan menjelang Ramadan, kita memerlukan sinergitas yang dirumuskan melalui strategi 4K, yaitu, Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distibusi, dan Komunikasi yang Efektif,” kata Gubernur lagi.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT