BeritaSolok SelatanSumatera Barat

Pemkab Solsel Serius Tangani Kemiskinan Ekstrem, Patok 0 Persen di 2024

89
×

Pemkab Solsel Serius Tangani Kemiskinan Ekstrem, Patok 0 Persen di 2024

Sebarkan artikel ini
Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Solok Selatan 2024
Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Solok Selatan 2024. (f/pemkab)

Mjnews.id – Pemkab Solok Selatan secara serius menangani masalah kemiskinan ekstrem hingga menurunkannya ke angka 0 persen pada tahun ini.

Upaya ini dilakukan secara terintegrasi bersama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk mencapai tujuan bersama.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Bupati H. Khairunas mengatakan dalam penurunan angka kemiskinan ekstrem ini, segala bentuk program yang dilakukan harus tepat sasaran.

Artinya harus jelas data dari setiap penerima bantuan dan tidak terjadi tumpang tindih dengan program lainnya.

“Perlu penanganan langsung terhadap masyarakat miskin berdasarkan nama dan alamat sehingga program tepat sasaran. Tim pendata sosial telah maksimal dalam meng-update data masyarakat. Pertemuan ini diadakan supaya satu pemikian dan tidak ada tumpang tinduh bila bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten,” kata Khairunas dalam pembukaan Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Solok Selatan di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa 5 Maret 2024.

Dalam acara dihadirkan berbagai pihak mulai dari pemerintahan nagari, tim pendataan sosial, dan stakeholder lainnya yang terlibat dalam pengentasan kemiskinan ekstrem.

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan akan tervalidasi dan terkonfirmasinya data sasaran penghapusan kemiskinan ekstrem di Solok Selatan.

Khairunas mengharapkan usai rakor ini, upaya pengentasan kemiskinan ekstrem ini bisa diupayakan dengan strategi kebijakan pengurangan beban pengeluaran masyarakat, meningkatkan pendapatan, dan penurunan jumlah kantong kemiskinan di nagari hingga jorong di Solok Selatan.

Target penurunan angka kemiskinan ekstrem hingga 0 persen ini merupakan target yang telah ditetapkan melalui Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT