BeritaTanah Datar

Rusdel Firdaus Bakal Dikukuhkan Sebagai Ketua KAN Nagari Panyalaian

288
×

Rusdel Firdaus Bakal Dikukuhkan Sebagai Ketua KAN Nagari Panyalaian

Sebarkan artikel ini
Akbp (Purnawirawan) Rusdel Firdaus
AKBP (Purnawirawan) Rusdel Firdaus. (f/maison)

Mjnews.id – Jika tak ada aral melintang, pada Sabtu 13 April 2024, Nagari Panyalaian bakal gelar pengukuhan Ketua KAN Priode 2024-2029.

Masih dalam suasana Lebaran, pengukuhan KAN Nagari Panyalaian bakal digelar secara meriah dengan menggelar berbagai hiburan rakyat pada malam dan esok harinya.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Pengukuhan Ketua KAN Nagari Panyalaian, bakal dilakukan Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Orang nomor satu di Luhak Nan Tuo itu bakal hadir mengukuhkan Pemangku Adat Nagari Panyalaian ini.

Sudah menjadi tradisi, pada pengukuhan KAN Nagari Panyalaian bakal dihadiri para Pangulu Salapan Puluah yang ada di Panyalaian.

Dt Tuah Nan Rancak Suku Pisang, mengatakan dengan dikukuhkannya kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN)Panyalaian yang baru ini agar dapat memberikan pertimbangan dan masukan kepada pemerintah nagari dan Badan Permusyawaratan Rakyat Nagari (BPRN) untuk melestarikan nilai-nilai Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

KAN ikut bersama pemerintah nagari dan BPRN dalam penyusunan dan pembahasan Peraturan Nagari (Pernag). Mengurus, membina dan menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan sako, pusako dan syara’.

Mengusahakan perdamaian dan memberikan nasehat-nasehat hukum terhadap anggota masyarakat yang bersengketa menurut sepanjang adat yang berlaku di nagari.

Kemudian membuat kode etik terkait pantangan, larangan, hak dan kewajiban niniak mamak sesuai adat salingka nagari dan melakukan pembinaan dan mengembangkan nilai adat Minangkabau kepada masyarakat.

“Sampai saat ini masyarakat Minang Kabau masih mengakui kedudukan KAN yang merupakan forum musyawarah mufakat niniak mamak pemangku adat sebagai pimpinan informal yang masih dihormati dan dimuliakan anak kemenakan,” terang Dt Tuah Nan Rancak.

Niniak mamak pemangku adat merupakan pemimpin yang didahulukan salangkah dan ditinggikan sarantiang. Jadi, titahnya mutlak. Tapi, bukan Otoriter di nagari dan terhadap anak kemanakannya.

Namun sebaliknya kamanakan yang dipimpinnya punya respek yang sama terhadap pemimpin adatnya (Angkunya), hubungan timbal balik itu hari harus diciptakan.

“Peran dan fungsi niniak mamak terhadap anak kemenakan dan masyarakat nagari sangat menentukan seperti dalam ungkapan, kayu gadang di tangah padang, batangnyo tampek basanda, ureknyo tampek baselo, daunnyo tampek balinduang,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Tokoh Rantau Syafwan, 63 tahun, menambahkan, pengukuhan Ketua KAN Nagari Panyalaian kepada AKBP (Purn) Rusdel Firdaus sebuah kehormatan dari dunsanak dan kemenakan serta masyarakat Nagari Panyalaian.

Artinya, dengan dikukuhkannya Ketua KAN Panyalaian yang baru, akan tercipta paradigama baru di pengurusan KAN kelak.

KAN, sebagai sekumpulan para cerdik pandai ini diharapkan punya power terhadap perkembangan nagari.

Selaku, orang yang telah mempercayakan kepadanya untuk didahulukan salangkah dan ditinggikan sarantiang di urusan kaumnya, tetapi di nagari punya perann yang tidak bisa dianggap kecil.

Sebagai mitra pemerintahan nagari Tungku Tigo Sajarangan, peran Ketua KAN sangat diperlukan sebagai penyeimbang dalam mengambil sebuah keputusan.

Artinya, di zaman serba teknologi ini, niniak mamak atau para tetua di kaumnya dituntut untuk membuka cakrawala diri akan perkembangan zaman yang sukar untuk dibendung.

“Mau tidak mau, perkembangan zaman yang tidak bisa dibendung ini para niniak mamak sedikit banyaknya harus melek teknologi,” ujar Syafwan.

Terkait Pengukuhan KAN Nagari Panyalaian yang baru Sabtu esok, Walinagari Dedi Sutani menyampaikan ucapan selamat dan berharap dapat bersama-sama berperan aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari dan semoga dapat menjadi pemimpin adat yang mengayomi, membimbing dan mengarahkan anak kemenakan dalam berbagai aspek kehidupan.

“Selaku pemerintahan nagari, kita yakin ketua baru AKBP (Purnawiran) Rusdel Firdaus mampu mengemban tugas yang tidak ringan ini,” pungkas Dedi Sutani, penuh harap.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT