Kabupaten AgamSumatera Barat

Juara 1 Tingkat Provinsi, KAN Lubuk Basung Gelar Silaturahmi dan Syukuran

235
×

Juara 1 Tingkat Provinsi, KAN Lubuk Basung Gelar Silaturahmi dan Syukuran

Sebarkan artikel ini
Kan Lubuk Basung Gelar Silaturahmi Dan Syukuran
KAN Lubuk Basung Gelar Silaturahmi dan Syukuran. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Kerapatan Adat Nagari/KAN Lubuk Basung menggelar acara silaturahmi dan syukuran bersama di Balairung Kantor KAN di Jorong II Balai Ahad, Lubuk Basung, Rabu (18/10/2023).

Acara ini turut dihadiri Bupati Agam H Andri Warman, Anggota DPR RI, H Guspardi Gaus, MSi, Sekda Kota Bukittinggi, Drs Martias Wanto, Dt Maruhun selaku tokoh masyarakat Lubuk Basung, Camat Lubuk Basung, Hidayatul Taufik, Kepala OPD, serta niniak mamak dan bundo kanduang se Kecamatan Lubuk Basung.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dilaksanakanya kegiatan syukuran dan silaturahmi dalam rangka syukuran KAN Lubuk Basung telah meraih juara 1 lomba Kerapatan Adat Nagari (KAN) tingkat Provinsi Sumbar dari 523 KAN se Sumatera Barat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Agam mengucapkan selamat kepada KAN Lubuk Basung dan agar lebih semangat membangun Agam yang lebih maju dan saling menjaga tali silaturahmi sesama.

“Saya berharap para niniak mamak dapat bersatu dalam mewariskan ilmu, wawasan, serta pengetahuannya tentang budaya minangkabau pada generasi muda di Kabupaten Agam,” harap bupati

Tentunya peranan tersebut sambungnya, tidak hanya dapat dilakukan oleh niniak mamak, dan harus didukung oleh peranan Bundo Kanduang sebagai “limpapeh rumah nan gadang, semarak anjuang dalam nagari”.

Hal senada, disampaikan Martias Wanto Dt Maruhun yang turut mengucapkan selamat dan apresiasi kepada KAN Lubuk Basung yang telah berhasil meraih juara I KAN tingkat Provinsi Sumbar.

“Kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan antara niniak mamak dan bundo kanduang,” tuturnya.

Dengan ikatan ini, tambah Martias Wanto, hendaknya bisa bersama-sama kembali meningkatkan nilai-nilai budaya minang di tengah generasi muda pada era digital ini, tentu usaha itu dapat dilakukan secara maksimalkan dengan bantuan bundo kanduang yang merupakan guru bagi generasi penerus dalam rumah.

Saat itu, Bupati Agam, Dr H Andri Warman memberikan sumbangan pribadi untuk pembangunan kantor bundo kanduang di Kecamatan Lubuk Basung sebesar Rp2 juta dan Anggota DPR RI, Guspardi Gaus, sebesar Rp2,5 juta.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT