ADVERTISEMENT
BeritaSumatera BaratTanah Datar

Tinjau Posko Pengungsian Erupsi Gunung Marapi, Bupati Tanah Datar: Jangan Percaya Hoax!

150
×

Tinjau Posko Pengungsian Erupsi Gunung Marapi, Bupati Tanah Datar: Jangan Percaya Hoax!

Sebarkan artikel ini
Bupati Tanah Datar, Eka Putra, Serahkan Bantuan Saat Meninjau Posko Pengungsian Erupsi Gunung Marapi Di Mushalla Nurul Ikhlas Nagari Koto Baru
Bupati Tanah Datar, Eka Putra, serahkan bantuan saat meninjau posko pengungsian erupsi Gunung Marapi di Mushalla Nurul Ikhlas Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto, pada Minggu (14/01/2024). (f/pemkab)

Mjnews.id – Bupati Tanah Datar, Eka Putra, meminta masyarakat agar tidak percaya dengan informasi yang belum tentu benar, terutama berita palsu atau hoax. Ia menekankan pentingnya mencari informasi yang benar, menghindari panik, dan menjaga kesehatan saat menghadapi situasi darurat, seperti erupsi Gunung Marapi.

Bupati Eka Putra menyampaikan pesannya saat meninjau posko pengungsian erupsi Gunung Marapi di Mushalla Nurul Ikhlas Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto, pada Minggu (14/01/2024).

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Ia mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpancing oleh informasi yang belum diverifikasi kebenarannya. Panik dapat berdampak buruk terhadap kesehatan, termasuk meningkatkan tekanan darah dan memunculkan penyakit lain.

Baca Juga  Gubernur Sumbar Berharap FMM Fasilitasi Perantau Bangun Nagari

Dalam kunjungannya, Bupati Eka Putra juga menyampaikan bahwa erupsi Gunung Marapi telah memberikan dampak signifikan, seperti gagal panen di sejumlah wilayah akibat hujan abu vulkanik. Masyarakat yang tinggal di lereng Marapi turun dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Bupati Eka Putra memberikan penekanan pada pentingnya pemeriksaan kesehatan, terutama terhadap dampak abu vulkanik yang dapat membahayakan sistem pernafasan. Ia menegaskan bahwa pemerintah daerah telah menyiapkan tenda di beberapa lokasi strategis untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut.

Pemerintah daerah juga telah mendistribusikan bantuan pangan bagi pengungsi di posko pengungsian. Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa seluruh pengungsi akan mendapatkan bantuan, termasuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), masker, dan bantuan sembako untuk petani yang mengalami kerugian dalam sektor pertanian.

Baca Juga  HUT Pasbar ke-20, Pemekaran Nagari Sukses

Kunjungan tersebut juga melibatkan berbagai pihak seperti Ketua DPRD, kepala OPD, anggota DPRD, Dandim 0307 Tanah Datar, Polres Padang Panjang, Camat X Koto Mukhlis, Wali Nagari, dan tokoh masyarakat.

Pemeriksaan kesehatan masyarakat juga dilakukan oleh tenaga kesehatan, sementara perlengkapan kebutuhan bayi dan makanan siap saji diberikan sebagai bentuk bantuan.

Kami Hadir di Google News