ADVERTISEMENT
BeritaKabupaten SijunjungSumatera Barat

PT Digital Sandi Informasi Segera Implementasikan Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 di Kabupaten Sijunjung

145
×

PT Digital Sandi Informasi Segera Implementasikan Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 di Kabupaten Sijunjung

Sebarkan artikel ini
Audiensi Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir Dengan General Manager Business Development Pt. Digital Sandi Informasi
Audiensi Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dengan General Manager Business Development PT. Digital Sandi Informasi. (f/pemkab)

Mjnews.id – Implementasikan Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 di Kabupaten Sijunjung, General Manager Business Development PT. Digital Sandi Informasi melakukan audiensi dengan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Kamis 1 Februari 2024.

Layanan ini disediakan oleh provider yang resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung, David Rinaldo, menjelaskan bahwa provider ini akan menyediakan Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 secara gratis atau tanpa biaya.

“Provider ini akan menyediakan CSR pelayanan panggilan darurat 112 secara gratis atau tanpa bayaran,” tuturnya.

Layanan 112 merupakan inisiatif Kemenkominfo untuk menyediakan panggilan darurat yang bebas pulsa dan dapat melayani warga dalam situasi darurat, termasuk kondisi ponsel tanpa SIM card.

General Manager Business Development, Hary Fridayando, menjelaskan bahwa Pusat Panggilan Darurat (Call Center 112) merupakan upaya pemerintah daerah dalam mempercepat pertolongan kepada masyarakat dalam kondisi gawat darurat seperti kebakaran, kerusuhan, kecelakaan, bencana alam, masalah kesehatan, gangguan keamanan, dan keadaan darurat lainnya.

Baca Juga  Layanan Panggilan Darurat 112 Resmi Beroperasi, Diskominfo Sijunjung Mantapkan Tupoksi

“Nomor darurat 112 bisa dihubungi melalui telepon seluler maupun telepon rumah, dengan panggilan ini bebas biaya dan dapat dilakukan, bahkan dalam kondisi ponsel tanpa SIM card,” ujarnya.

Panggilan dari masyarakat ke nomor 112 akan diterima oleh operator telepon di Pusat Panggilan Darurat Call Center 112, lalu diteruskan kepada petugas pengarah dispatcher. Informasi tentang jenis keadaan darurat akan diteruskan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kedaruratan, seperti BPBD dan Damkar, untuk penanganan lebih lanjut.

Bupati Benny Dwifa Yuswir menyambut baik adanya Layanan Call Center 112, menyatakan bahwa ini akan menambah satu pelayanan publik dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menghadapi kondisi darurat.

Baca Juga  Peringatan HUT Kabupaten Padang Pariaman ke-190 Meriah

“Keberadaan Call Center 112 akan menambah satu pelayanan publik dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat yang mengalami kondisi darurat (emergency) dimana pun dan kapanpun,” tuturnya.

Keberadaan layanan ini diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan publik dan mempercepat tindakan penanganan terhadap kondisi darurat.

“Ketika musim hujan kemaren sangat banyak titik longsor di Kabupaten Sijunjung, tentu dengan ada layanan penanganan keadaan darurat secara terpadu yang terintegrasi pada perangkat daerah dan instansi terkait, sehingga laporan dan informasi dari masyarakat sangat cepat didapatkan,” ujarnya.

Audiensi itu melibatkan, Dinas Satpol PP dan Damkar, BPBD, Dishub, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial PP dan PP.

(Dicko)

Kami Hadir di Google News