BudayaKabupaten SolokSumatera Barat

Adat Bakaua Ka Tampek Manjapuik Baniah, Tradisi di Nagari Aripan

156
×

Adat Bakaua Ka Tampek Manjapuik Baniah, Tradisi di Nagari Aripan

Sebarkan artikel ini
Bupati Solok, Epyardi Asda Hadiri Adat Bakaua Ka Tampek Manjapuik Baniah Nagari Aripan
Bupati Solok, Epyardi Asda hadiri Adat Bakaua Ka Tampek Manjapuik Baniah Nagari Aripan. (f/pemkab)

Mjnews.id – Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, Dt Sutan Majo Lelo, hadir dalam acara Adat Bakaua Ka Tampek Manjapuik Baniah Nagari Aripan yang diselenggarakan di Kawasan Benda Cagar Budaya Makam Gobah Angku Boyok Jorong Pintu Rayo Nagari Aripan pada Kamis, 25 Januari 2024.

Rangkaian acara dimulai dengan Pidato Adat oleh seorang Niniak Mamak Pemuka Adat dan dilanjutkan dengan Doa dan Shalawat Bersama seluruh masyarakat Nagari Aripan.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Ketua KAN Aripan, Herman Dt Batuah, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Solok dan Anggota DPR RI dalam kegiatan Adat Ka Tampek Manjapuik Baniah. Ia menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tradisi turun temurun Nagari Aripan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT.

“Mewakili masyarakat Aripan, kita meminta dukungan Bupati Solok untuk pembenahan kawasan Tampek Manjapuik Baniah sebagai salah satu warisan budaya di Nagari Aripan,” ungkapnya.

Anggota Komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi, mengapresiasi kegiatan adat seperti ini dan menyatakan pentingnya mengenalkan dan melestarikannya bagi generasi muda. Sebagai perpanjangan tangan masyarakat Kabupaten Solok di DPR RI, ia berkomitmen menyelesaikan tugasnya hingga akhir masa jabatan pada Oktober 2024.

Bupati Solok, Epyardi Asda, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat spesial karena merupakan tradisi adat turun temurun oleh masyarakat Nagari Aripan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Sebagai kepala daerah, ia bertanggung jawab untuk kemaslahatan umat di Kabupaten Solok dan mendukung kegiatan adat seperti ini.

“Kawasan Cagar Budaya ini akan kita perhatikan untuk kemajuan kita kedepannya, dan saya mendukung kegiatan-kegiatan adat seperti ini,” ujar Bupati.

Terakhir, Bupati mengajak seluruh kepala daerah untuk bersatu demi membangun dan menjadikan Kabupaten Solok sebagai yang terbaik di Sumatera Barat.

Kami Hadir di Google News