ADVERTISEMENT
Jawa TimurPolri

Peringati Hari Pers Nasional, Ini Pesan Kapolresta Batu

114
×

Peringati Hari Pers Nasional, Ini Pesan Kapolresta Batu

Sebarkan artikel ini
Kapolres Kota Batu, Akbp Oscar Syamsuddin Saat Perayaan Hari Pers Nasional Di Oemah Koempoel
Kapolres Kota Batu, AKBP Oscar Syamsuddin saat perayaan Hari Pers Nasional di Oemah Koempoel. (f/mohamad rokhman)

KOTA BATU, Mjnews.id – Puluhan wartawan berkumpul bersama Kapolresta Batu beserta jajarannya dalam peringatan Hari Pers Nasional, bertempat di Cafe Omah Koempoel Kota Batu, Jalan Sultan Hasan Halim, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (10/02/2023),.

Pemotongan tumpeng oleh Kapolres Oscar Syamsuddin dan doa dipimpin wartawan senior Kota Batu mewarnai rangkaian acara Hari Pers Nasional itu membuat acara Hari Ulang Tahun Pers Nasional yang diselenggarakan oleh Kapolresta Batu membuat suasana semakin hangat meskipun diselimuti hujan.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Kapolresta Batu Oscar Syamsuddin mengatakan, jika peringatan HPN 2023 kali ini sebagai momentum untuk memperkuat kebebasan pers tetap dalam pakem dan bertanggung jawab.

Baca Juga  HPN 2023, Menag: Saatnya Perkuat Pers Indonesia agar Kian Sehat dan Bermartabat

“Media harus menjadi pilar penyangga demokrasi dan komitmen, bukan hanya menjadi penyedia informasi bagi publik,” kata Oscar.

Oscar, sapaan akrab Kapolresta Batu juga berpesan, jika adanya literasi masyarakat yang kurang, menyebabkan mudah sekali untuk menerima berita atau isu yang tidak tahu asal usulnya tanpa melakukan cek dan ricek yang berpotensi pada berita hoax dan memicu perpecahan.

“Selain terus berkembang seiring perkembangan teknologi, media harus tetap membuat karya jurnalistik yang dapat dipercaya untuk menepis berita hoax yang saat ini sering bermunculan,” jelasnya.

“Dengan menggunakan pakem Jurnalistik yang baik diharapkan mampu menjaga persatuan dan kesatuan,” tambahnya.

Baca Juga  Ucapkan Selamat Hari Pers, LaNyalla: Pers Harus Jaga Netralitas di Tahun Politik

“Jangan sampai media justru mengikuti trend kekinian atau viral yang menjadikan pesimisme dan ketakutan buat masyarakat,” harapnya.

“Dalam waktu dekat ini Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada serentak. Diharapkan peran pers sendiri benar-benar menghargai pemberitaan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan tetap dalam ranah kode etik jurnalistik,” ungkap Kapolresta Kota Batu, AKBP Oscar Syamsuddin.

“Harapan kami, media bukan hanya cepat menghasilkan karya jurnalistik, namun juga tidak terjebak pada sikap pragmatis dan juga bisa mengedukasi masyarakat,” tandasnya.

(Rmn)

Kami Hadir di Google News