Jawa Timur

Optimalisasi Sumber Air, Perumda Tirta Kanjuruhan Lakukan Sobo Sumber

224
×

Optimalisasi Sumber Air, Perumda Tirta Kanjuruhan Lakukan Sobo Sumber

Sebarkan artikel ini
Perumda Tirta Kanjuruhan Lakukan Sobo Sumber
Perumda Tirta Kanjuruhan Lakukan Sobo Sumber. (f/humas)

Mjnews.id – Perumda Tirta Kanjuruhan saat ini telah melayani lebih dari 145 ribu pelanggan, terus mengupayakan agar pelayanan dapat memenuhi persyaratan 4 K, yaitu Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas dan Keterjangkauan.

Pendistribusian air yang dilaksanakan melalui SPAM yang dikendalikan oleh masing-masing Unit Pelayanan di 25 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Malang senantiasa dipantau agar ketersediaan air dapat memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Untuk memenuhi kebutuhan air bagi seluruh pelanggan, saat ini Perumda Tirta Kanjuruhan mengelola 67 sumber air di seluruh wilayah pelayanan, dan sebagai upaya untuk memastikan bahwa sumber air yang dikelola tetap dalam kondisi yang stabil dan terkendali agar mampu dimanfaatkan secara optimal, Bagian Produksi Perumda Tirta Kanjuruhan secara periodik melaksanakan giat Sobo Sumber, Selasa (11/7/2023).

Salah satu tujuan Sobo Sumber yang dilaksanakan untuk mengetahui kondisi dan potensi sumber air secara berkala. Sebagaimana yang baru saja dilaksanakan di 2 (dua) sumber air yaitu Sumber Umbulan yang berada di Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak dan Sumber Umbuldandang yang berlokasi Desa Kaliasri Kulon, Kecamatan Donomulyo.

Sumber Umbulan dengan kapasitas pengambilan 13 liter/detik, saat ini telah mampu dimanfaatkan untuk melayani 1.264 SR. Dan sebagai upaya untuk mempertahankan debit air khususnya pada musim kemarau, dan beberapa hal yang teridentifikasi berpotensi mempengaruhi  debit air, Perumda Tirta Kanjuruhan akan melakukan upaya antisipasi, salah satunya yaitu pengurasan sumber secara periodik, agar debit air dapat dioptimalkan walaupun pada musim kemarau.

Sedangkan pada Sumber Umbuldandang, dengan kapasitas pengambilan 4 liter/detik, saat ini dimanfaatkan untuk melayani 460 SR di wilayah Donomulyo. Untuk upaya pengembangan pelayanan, Perumda Tirta Kanjuruhan akan mengupayakan untuk mendapatkan sumber air alternatif.

Dengan giat Sobo Sumber, diharapkan Perumda Tirta Kanjuruhan dapat terus untuk menjaga keberlangsungan layanan air bersih bagi masyarakat, melalui pengelolaan sumber air secara optimal.

(rmn)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT