Jawa Timur

Kekeringan, Perumda Tirta Kanjuruhan Malang Siaga Bantuan Air untuk Masyarakat Sumbermanjing Wetan

158
×

Kekeringan, Perumda Tirta Kanjuruhan Malang Siaga Bantuan Air untuk Masyarakat Sumbermanjing Wetan

Sebarkan artikel ini
Perumda Tirta Kanjuruhan Malang Siaga Bantuan Air
Perumda Tirta Kanjuruhan Malang Siaga Bantuan Air. (f/humas)

Mjnews.id – Pascaditetapkannya Status Tanggap Darurat Bencana Kekeringan dan kebakaran, berdasar Surat Keputusan Bupati Nomor 188.45/695/KEP/35.07.013/2023 tentang Status Tanggap Darurat Bencana Kekeringan, dan Kebakaran Hutan atau Lahan di Kabupaten Malang, pada Agustus 2023, saat ini kekeringan masih berkepanjangan dan terjadi di beberapa wilayah.

Salah satu wilayah terdampak kekeringan adalah Kecamatan Sumbermanjing Wetan, dan hal tersebut telah dilaporkan oleh Camat Sumbermanjing Wetan kepada kepada pihak BPBD Kabupaten Malang, pada September 2023 lalu.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Perumda Tirta Kanjuruhan, yang bertugas pada Bidang Operasi pada Struktur Pos Komando Darurat Bencana Kekeringan, telah memberikan bantuan air melalui Truk Tangki, sejak 11 September 2023, pada 3 desa Desa Sumberagung, Desa Kedungbanteng dan Desa Sumbermanjing Wetan.

Dengan semakin meluasnya wilayah kekeringan di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, 2 armada Truk tangki Perumda Tirta Kanjuruhan tetap siaga, untuk mensuplay air melalui beberapa tandon yang telah dipasang pada setiap Desa.

Terpantau Rabu (04/10/2023), terpasang tak kurang 22 titik tanton air pada 3 desa tersebut, yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi sekitar ± 900 KK.

Berdasar hasil pantauan dan koordinasi dengan Tim BPBD Kabupaten Malang, bahwa masih sangat berpotensi dampak kekeringan akan semakin luas dan berkepanjangan, sehingga diharapkan pihak Perumda Tirta Kanjuruhan bersiaga untuk menambah armada agar dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

(rmn)

Kami Hadir di Google News