Kepulauan MentawaiSumatera BaratWisata

Aksi Bersih Pantai di Tua Pejat, Wagub Sumbar Ingatkan Pentingnya Kebersihan Lingkungan bagi Daerah Tujuan Wisata

143
×

Aksi Bersih Pantai di Tua Pejat, Wagub Sumbar Ingatkan Pentingnya Kebersihan Lingkungan bagi Daerah Tujuan Wisata

Sebarkan artikel ini
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy Saat Aksi Bersih Pantai Di Kawasan Pantai Jati Tua Pejat Kabupaten Kepulauan Mentawai
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy saat Aksi Bersih Pantai di kawasan Pantai Jati Tua Pejat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (4/10/2023). (f/biro adpim)

Mjnews.id – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy memimpin kegiatan Aksi Bersih Pantai di kawasan Pantai Jati Tua Pejat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (4/10/2023). Wagub menegaskan sebagai daerah tujuan wisata, kebersihan lingkungan tentu harus menjadi perhatian serius dari masyarakat Mentawai.

Wagub mengatakan, berdasarkan data Dinas Pariwisata Sumbar, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kepulauan Mentawai terus menunjukan peningkatan, dengan didominasi oleh wisatawan mancanegara (wisman) yang persentasenya mencapai 95 persen dari total wisatawan.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

“Setiap tahun ribuan turis dari berbagai negara datang berkunjung ke sini. Jadi kita harus jaga kebersihan lingkungan, agar mereka nyaman dan betah berlama-lama,” kata Wagub Audy.

Aksi bersih pantai tersebut digagas oleh Dinas Pariwisata Sumbar, sekaligus ditujukan untuk Lounching dan Sosialisasi Gerakan Wisata Bersih. Kegiatan tersebut dilangsungkan di seputaran Pantai Jati.

Kepulauan Mentawai merupakan daerah tujuan wisata pantai paling populer di Sumbar, bahkan untuk olahraga surfing Mentawai termasuk salah satu lokasi terbaik di dunia, bahkan ombaknya bisa mencapai 20 meter.

Wagub Audy juga merinci, 3 (tiga) daya tarik Mentawai yang tidak banyak destinasi lain di Indonesia memilikinya. Yakni, Memiliki Spot Surfing (selancar) yang menantang, terdapat Spot Diving (menyelam) dan memiliki Adat Budayanya yang masih asli.

“Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki 32 spot lokasi untuk olahraga surfing. Wisatawan dapat memilih, karena masing-masing spot memiliki tantangan yang berbeda,” pungkas Audy.

Sementara itu Kadis Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menyebutkan kegiatan Gerakan Wisata Bersih ini bagian upaya menumbuhkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Terutama di area wisata pantai yang ramai dikunjungi para wisata,” ujar Budi.

Budi mengajak semua masyarakat untuk lebih peduli terhadap aspek kebersihan, tujuannya agar Sumbar bisa menjadi salah satu daerah yang nyaman untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

(adpsb)

Kami Hadir di Google News