Kemenag

Kementerian Agama Ajak Masyarakat untuk Sertifikasi Halal melalui Kampanye Mandatory

139
×

Kementerian Agama Ajak Masyarakat untuk Sertifikasi Halal melalui Kampanye Mandatory

Sebarkan artikel ini
Kementerian Agama Ajak Masyarakat Untuk Sertifikasi Halal Melalui Kampanye Mandatory
Kementerian Agama Ajak Masyarakat untuk Sertifikasi Halal melalui Kampanye Mandatory.

Sawahlunto, MJNews.id – Kementerian Agama Kota Sawahlunto melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam, mengajak pelaku UMKM dan masyarakat yang memiliki Usaha untuk melakukan Sertifikasi Halal, ajakan itu dilakukan melalui Kampanye Mandatory Halal yang telah dilaksanakan pada 18 Maret 2023.

“Kampanye Mandatory Halal dimulai dari Pasar Sapan dan Pasar Sawahlunto, yang melibatkan Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS selaku tenaga pendamping Proses Produk Halal (PPH). Melalui alat pengeras suara mobil ambulans dinas kesehatan setempat, juru kampanye menyampaikan secara umum Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang kewajiban sertifikat halal bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah dan besar,” kata Kasi Bimas Islam Kemenag Sawahlunto, Zulfahmi, Selasa (21/03/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Zulfahmi menjelaskan, genda ini serentak secara Nasional yang dilaksanakan di seribu titik lokasi se-Indonesia.

Lanjutnya, kewajiban sertifikat halal tidak hanya berlaku bagi produsen makanan, minuman, jasa penyembelihan namun juga untuk masyarakat yang berjualan di warung-warung secara kecil-kecilan seperti penjual gorengan.

“Nanti makan minuman beredar hanya ada dua kategori, halal dan tidak halal,” terangnya.

Menurut Zulfahmi, sosialisasi ini merupakan tahap awal dan akan dilanjutkan nanti sampai masyarakat benar-benar tahu informasi tentang kewajiban sertifikat halal.

Khusus pelaku usaha mikro dan kecil kata dia, Pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama memberikan sertifikat halal gratis.

“Bagi yang kurang mengerti, silahkan datang ke Kantor Urusan Agama, syaratnya harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB),” katanya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama dinas kesehatan dan Satpol PP yang telah membantu dan mendampingi terselenggaranya acara.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT