Kemendagri

Ibu Negara Dicurhati 2 Kader PKK dengan Pengabdian Sejak 1978

218
×

Ibu Negara Dicurhati 2 Kader PKK dengan Pengabdian Sejak 1978

Sebarkan artikel ini
Kader Pkk Curhat Kepada Ibu Negara Iriana
Kader PKK curhat kepada Ibu Negara Iriana. (f/puspen kemendagri)

Mjnews.id – Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-51 Tahun 2023, Rabu (17/5/2023), di Medan berlangsung meriah dan dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang juga Pelindung Utama TP PKK dan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga istri Wapres Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Perhelatan yang diikuti pengurus TP PKK provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia ini diharapkan menjadi motivasi para kader Tim Penggerak PKK seluruh Indonesia. Pasalnya, ada contoh kisah heroik pengabdian lebih dari 43 tahun dari dua kader inspiratif yang sudah lansia, tapi masih aktif menjadi pengurus TP PKK.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Hal itu bisa terlihat usai sesi pemotongan tumpeng, Ibu Negara yang juga Pelindung Utama TP PKK memanggil dan berdialog dengan dua kader PKK tersebut di atas panggung.

Ibu Negara Iriana mendengarkan dengan penuh perhatian curahan hati kedua kader PKK yang berasal dari Tebingtinggi dan Siantar itu.

Dalam dialog itu, kedua kader ini mengaku cukup senang dan bahagia bisa terus beraktivitas di TP PKK. Tidak heran, keduanya sudah lebih dari 40 tahun berkegiatan di TP PKK. Walaupun telah lansia, keduanya ingin terus berkegiatan di organisasi tersebut. Dalam kesempatan itu, Iriana juga meminta agar kader-kader ini tidak sekadar mendapat piagam penghargaan, namun juga pin emas.

Iriana mengatakan, kader PKK memang dikenal memiliki etos kerja yang tinggi dalam menjalankan program organisasi yang sinergis dengan program prioritas pemerintah.

Disebutkannya pula, gerakan PKK itu tumbuh dari bawah. Karena itu, prinsip kerja partisipatif ini membutuhkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat.

Peringatan HKG PKK ke-51 ini ditandai juga dengan penandatangan MoU antara TP PKK Pusat, Bapanas, dan PT Nestle Indonesia yang dilanjutkan dengan Peluncuran Keluarga Indonesia Bebas Stunting.

Selain itu, pada perhelatan ini juga diberikan piagam penghargaan kepada Kader Inspiratif PKK Kabupaten/Kota se-Indonesia dan penghargaan kepada wanita yang berjasa di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, lingkungan hidup, dan pertanian.

Panggung puncak peringatan HKG ke-51 ni juga dimeriahkan oleh penampilan kesenian binaan TP PKK Medan. Awalnya panggung diwarnai dengan kesenian tari yang menampilkan keberagaman etnis dan budaya di Provinsi Sumut. Selain itu, paduan suara yang apik dan kompak pun cukup memukau dengan lagu-lagu daerah Provinsi Sumut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum TP PKK Tri Tio Karnavian dan segenap pengurus TP PKK Pusat, Pengurus OASE Kabinet Indonesia Maju, Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, dan Ketua TP PKK Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution.

(rel)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT