banner pemkab muba
Kemendagri

Mendagri Minta Pemerintah Daerah Waspadai Terjadinya El Nino

248
×

Mendagri Minta Pemerintah Daerah Waspadai Terjadinya El Nino

Sebarkan artikel ini
Mendagri, Muhammad Tito Karnavian
Mendagri, Muhammad Tito Karnavian. (f/puspen kemendagri)

Mjnews.id – Dalam upaya pengendalian inflasi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian menekankan kepada pemerintah daerah (Pemda) agar mewaspadai fenomena El Nino.

El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah yang dapat menyebabkan kekeringan di wilayah Indonesia.

Mendagri menjelaskan bahwa prediksi dari beberapa lembaga menunjukkan bahwa Indonesia akan mengalami fenomena El Nino. Fenomena ini berpotensi menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah, yang berdampak pada berkurangnya pasokan air bersih bagi masyarakat.

Mendagri mengutip informasi yang mengungkapkan bahwa saat ini di Malaysia sedang terjadi panic buying air mineral oleh masyarakat. Situasi ini diduga disebabkan oleh menurunnya jumlah air di bendungan sungai setempat.

“Hal ini berdampak pada lonjakan harga air mineral karena tingginya permintaan pasar. Kenaikan harga tersebut secara tidak langsung dapat memicu peningkatan angka inflasi,” ujar Mendagri pada Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (22/5/2023)..

Mendagri meminta daerah untuk mewaspadai fenomena El Nino dengan lebih hati-hati, terutama daerah di wilayah Sumatera bagian timur seperti Riau, Jambi, dan sekitarnya yang rentan terhadap kebakaran lahan dan hutan.

Mendagri menekankan pentingnya kewaspadaan dan kerjasama antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI/Polri, dan Pemerintah Daerah dalam menghadapi fenomena ini.

Selain itu, Mendagri juga menyebutkan dampak lain dari El Nino, yaitu masalah dalam proses panen. Kekeringan yang diakibatkan oleh El Nino dapat menghambat proses panen. Oleh karena itu, Mendagri mendorong setiap daerah untuk mengidentifikasi potensi dampak yang mungkin terjadi akibat El Nino.

Jika identifikasi tersebut menemukan beberapa masalah, Mendagri mengharapkan daerah dapat melakukan intervensi yang melibatkan dinas pertanian dan perdagangan. Selain itu, daerah juga diminta untuk mempersiapkan strategi yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pangan di wilayah masing-masing.

Mendagri menekankan pentingnya mencegah terjadinya panic buying yang dapat memicu kenaikan inflasi. Upaya ini memerlukan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, dinas terkait, dan masyarakat.

(rel)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600