KemendagriKesehatan

Kemendagri Dukung Kebijakan Kemenkes Membangun Ekosistem Kesehatan di Daerah

181
×

Kemendagri Dukung Kebijakan Kemenkes Membangun Ekosistem Kesehatan di Daerah

Sebarkan artikel ini
Penganugerahan Penghargaan Bagi Tenaga Kesehatan Teladan Dan Sdm Penunjang Tingkat Nasional 2023
Penganugerahan Penghargaan bagi Tenaga Kesehatan Teladan dan SDM Penunjang Tingkat Nasional 2023, di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (15/8/2023). (f/puspen)

Mjnews.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung penuh kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam membangun ekosistem kesehatan di seluruh daerah Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian pada acara penganugerahan Penghargaan bagi Tenaga Kesehatan Teladan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Penunjang Tingkat Nasional 2023, di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Mendagri mengatakan, Kemenkes yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah membuat berbagai terobosan kesehatan berbasis data yang perlu didukung oleh pemerintah daerah (Pemda). Hal itu baik yang berhubungan dengan infrastruktur kesehatan maupun tenaga kesehatan.

“Keberanian untuk menerobos itu out of box, ini harus didukung. Kami pun Kemendagri dengan tim dari kita akan mendukung penuh guna melibatkan daerah. Kemudian juga langkah-langkah beliau untuk memperbaiki fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, perhatian beliau sangat besar sekali,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Mendagri mengapresiasi peran Menkes dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ketika dunia tengah berada di pusaran krisis kesehatan, dengan koordinasi berbagai pihak, Menkes berhasil membuat berbagai terobosan sukses dalam menghadapi pandemi. Pertarungan menghadapi Covid-19 ini juga dialami berbagai kepala negara di dunia.

“Pertarungan antarekonomi salah satunya figurnya ya mungkin Menkeu atau Menteri Ekonomi. Jadi meskipun pandemi, kesehatan ini adalah kita tangani teamwork, orang luar tahunya itu lead-nya adalah Menkes,” ujarnya.

Dia menambahkan, Menkes juga telah menginisiasi lahirnya dana kesehatan abadi di tingkat ASEAN. Hal ini merupakan pemikiran positif dan kreatif yang menurut Mendagri perlu didukung. Untuk itu dia mendorong sebanyak 552 Pemda di Indonesia, yang dipimpin oleh 38 gubernur, 98 wali kota, dan 416 bupati agar berpikiran sama dengan Menkes dalam memperbaiki ekosistem kesehatan di Indonesia.

“Saya sudah sampaikan kepada beliau apa pun kita akan dukung. Termasuk di antaranya bukan hanya fasilitas kesehatan, beliau banyak sekali membuat terobosan terkait kesehatan, misalnya beliau ingin agar semua provinsi memiliki kemampuan untuk bedah jantung, operasi jantung, dan lain-lain. Itu langkah-langkah strategi pendapat saya sehingga kita perlu dukung,” tandasnya.

(rel)

Kami Hadir di Google News