Kemendagri

Ditjen Bina Keuda Kemendagri Gelar Rakor dan BUMD Awards

87
×

Ditjen Bina Keuda Kemendagri Gelar Rakor dan BUMD Awards

Sebarkan artikel ini
Ditjen Bina Keuda Kemendagri Gelar Rakor Dan Bumd Awards
Ditjen Bina Keuda Kemendagri Gelar Rakor dan BUMD Awards. (f/puspen)

Mjnews.id – Guna meningkatkan kinerja dan tata kelola yang kompetitif antar-Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Direktorat Jenderal/Ditjen Bina Keuda (Keuangan Daerah) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar BUMD Awards 2023 dan Rapat Koordinasi Seluruh Indonesia.

Acara bertajuk “Peran BUMD dalam Peningkatan Pelayanan Publik, Penanganan Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi” ini berlangsung di Hotel Grand Sahid Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Dalam laporannya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, tujuan utama BUMD Awards adalah memberikan penilaian terhadap kinerja BUMD seluruh Indonesia. “BUMD seluruh Indonesia saat ini ada 1.056. Oleh karena itu agar bisa memetakan, bisa mengetahui kinerja dari BUMD, dan juga dalam rangka pembinaan dilakukan penilaian terhadap kinerja BUMD,” katanya.

Fatoni memaparkan setidaknya ada lima tujuan dari penilaian BUMD ini. Pertama, dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tata kelola dan kinerja BUMD. Kedua, meningkatkan kinerja dan tata kelola serta menciptakan iklim kompetitif antar-BUMD. Ketiga, memberikan motivasi kepada pemerintah daerah (Pemda) dalam pengelolaan dan pengembangan usaha BUMD. Keempat, meningkatkan sinergi antar-BUMD, asosiasi BUMD, dan Pemda. Kelima, mendorong Pemda dan BUMD untuk berinovasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik.

“Penilaian yang digunakan dalam BUMD Awards Tahun 2023 ini yang pertama kemanfaatan bagi masyarakat, yang kedua kinerja, yang ketiga tata kelola, keempat pelayanan publik yang diberikan, kemudian inovasi dan sinergitas,” ungkapnya.

Fatoni menambahkan, BUMD Awards ini melibatkan tim penilai yang diketuai oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir. Anggota tim tersebut meliputi Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Direktur jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Deputi Bidang kelembagaan dan Tatalaksana KemenPAN-RB, serta Deputi Bidang Akuntansi Negara BPKP. Anggota lainnya yakni Kepala BPSDM, Direktur Eksekutif Kemitraan, Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN, Direktur Utama PT Tempo, serta Direktur Utama dan Pemimpin Redaksi PT CNN Indonesia.

“Tahapan dan proses sudah dilaksanakan sejak awal tahun, mulai dari penilaian di tingkat provinsi, kemudian juga masukan dan saran dari asosiasi,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, berikut daftar nama sekaligus kategori pemenang BUMD Awards Tahun 2023:

Penerima penghargaan BUMD Bank Pembangunan Daerah (BPD) Terbaik Kategori Besar di antaranya PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (Bank BJB); PT Bank Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya (Bank DKI); dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim). Kemudian Kategori Sedang yakni PT Bank Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta (Bank DIY). Sementara Kategori Kecil di antaranya PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat (Bank NTB Syariah); PT Bank Pembangunan Daerah Lampung (Bank Lampung); dan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara (Bank Sultra).

Penerima penghargaan Pengawasan BUMD Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Terbaik untuk Kategori Besar di antaranya PT BPR Delta Artha; PT BPR Bank Sleman; dan PT BPR Jawa Timur. Kemudian Kategori Sedang, yakni PT BPRS Sukowati Sragen; PT BPRS BKK Kendal; dan PT BPRS Bank Daerah Gianyar. Sementara Kategori Kecil, yaitu PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Jam Gadang; PT BPR Bank Pekalongan; dan PT BPR BKK Kota Tegal.

Penerima penghargaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Terbaik untuk Kategori Besar di antaranya Perudam Tirta Kerta Raharja Tanggerang; Perudam Air Minum Jaya DKI Jakarta; dan PT Air Minum Giri Menang. Kategori Sedang yakni Perudam Air Minum Tirta Hita Buleleng; PT Tirta Asasta Depok, dan Perudam Air Minum Mangkutama Bandung. Kemudian Kategori Kecil di antaranya PT Tirta Amadit Kabupaten Hulu Sungai Selatan; Perumda Air Minum Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan; dan Perumda Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo

Penerima penghargaan BUMD Penjaminan Kredit (Jamkrida) Terbaik yakni PT Jamkrida Bali Mandala; PT Jamkrida Jakarta; dan PT Jamkrida Sumbar. Kemudian penerima penghargaan BUMD Aneka Migas Terbaik yakni PT Migas Utama Jabar.

Penerima penghargaan BUMD Aneka Usaha Pangan Terbaik yaitu PT Food Stasion Tjipinang Raya. Penerima penghargaan BUMD Aneka Usaha Pasar Terbaik yakni Perum Pasar Jaya. Penerima penghargaan BUMD Aneka Pariwisata Terbaik yaitu PT Pembangunan Jaya Ancol. Penerima Penghargaan BUMD Aneka Usaha Keuangan Mikro Terbaik yaitu PT LKM Rangkas Bitung.

Kemudian penerima penghargaan BUMD Aneka Usaha Rumah Potong Terbaik yaitu Perumda Dharma Jaya. Penerima penghargaan BUMD Aneka Usaha Transportasi Terbaik yakni PT Transportasi Jakarta. Penerima penghargaan BUMD Aneka Usaha Pelabuhan Terbaik yakni PT Pelabuhan Cilegon Mandiri. Selanjutnya, penghargaan BUMD Aneka Pembangunan Terbaik diberikan kepada PT Jasa Sarana.

(rel)

Kami Hadir di Google News