Kemensos

Kemensos Salurkan Daging Kurban untuk 1.850 Mustahik

162
×

Kemensos Salurkan Daging Kurban untuk 1.850 Mustahik

Sebarkan artikel ini
Kemensos Salurkan Daging Kurban untuk 1.850 Mustahik
Kemensos Salurkan Daging Kurban untuk 1.850 Mustahik. (f/humas)

Mjnews.id – Kementerian Sosial (Kemensos) membagikan daging kurban kepada para penerima yang berhak pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, tahun 2023 ini. Total sebanyak 1.850 kupon sudah disebar untuk ditukar dengan daging kurban.

Kemensos Tahun ini, Panitia Kurban Masjid Al-Hikmah di lingkungan Kementerian Sosial menerima 16 ekor sapi, 2 ekor kambing dan 1 ekor domba sebagai hewan kurban. Untuk pemotongan, panitia menyerahkan kepada Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Tapos, Jawa Barat.

Plh. Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Robben Rico menyatakan, Idul Adha merupakan momentum untuk merenungkan kembali tingginya kualitas taqwa Nabi Ibrahim AS yang menjalankan perintah Allah untuk menyembelih Nabi Ismail AS. Disamping dimensi taqwa, Idul Adha juga berdimensi sosial karena daging kurban dibagikan kepada fakir miskin.

“Idul Adha adalah momentum kita meneladani contoh yang diberikan Nabi Ibrahim AS. Kurban juga memiliki dimensi sosial, karena dengan membagikan daging kita telah berempati kepada saudara-saudara kita yang lainnya. Berkurban itu menjadi bagian yang paling penting dalam hidup kita untuk kita bisa saling membantu dan meringankan beban sesama,”Kata Robben di Jakarta, Kamis 29 Juni 2023.

Pembagian daging kurban merupakan rangkaian dari peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Pagi tadi, Kementerian Sosial menyelenggarakan sholat Idul Adha di halaman Kantor Kementerian Sosial bersama para pegawai, karyawan dan warga sekitar.

Bertindak selaku imam adalah Ahmad Sobari dan khotib Muhtadin, pelaksaan sholat Idul Adha berjalan khidmat. Pasca sholat dan kutbah, dilakukan penyerahan simbolis hewan kurban kepada panitia kurban.

Daging kurban didistribusikan kepada yang berhak (mustahik), termasuk Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang menjadi prioritas.

“Insya Allah rencananya akan kami distribusikan untuk teman-teman Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), petugas kebersihan dan keamanan di lingkungan Kemensos, teman-teman ASN Kemensos Golongan I dan II, warga di sekitar kantor dan untuk teman-teman yang berada di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang kami prioritaskan,” kata Robben.

Ketua Yayasan Kumala, Dindin Komarudin mengungkapkan rasa syukur bisa diberi kepercayaan mendistribusikan daging kurban bagi binaan mereka. Ia menyebutkan bahwa kiriman dari Kemensos ini membuat binaannya gembira.

“Alhamdulillah kami mendapat kiriman daging kurban dari Kemensos. Kami akan salurkan kepada 267 binaan kami di Jakarta Utara. Binaan kami terdiri dari komunitas anak-anak jalanan, komunitas penyandang disabilitas dan komunitas lansia,” katanya saat ditemui di Jakarta Utara.

Pada kesempatan ini turut hadir Plh. Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI Robben Rico, Jajaran Pimpinan Tinggi Pratama serta Kepala UPT di lingkungan Kementerian Sosial RI.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600