Kemensos

Mensos Beri Semangat Korban TPPO untuk Meraih Sukses di Negeri Sendiri

230
×

Mensos Beri Semangat Korban TPPO untuk Meraih Sukses di Negeri Sendiri

Sebarkan artikel ini
Menteri Sosial Tri Rismaharini Beri Semangat Kepada 28 Korban Tppo Di Rumah Perlindungan Dan Trauma Center (Rptc) Bambu Apus Jakarta Timur
Menteri Sosial Tri Rismaharini beri semangat kepada 28 Korban TPPO di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus Jakarta Timur. (f/humas)

Mjnews.id – Untuk kesekian kalinya, Kementerian Sosial melakukan langkah nyata memberikan perlindungan dan penanganan bagi eks pekerja migran Indonesia yang bermasalah untuk dapat kembali ke keluarganya masing-masing.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus Jakarta Timur, Sabtu (16/09/2023), untuk bertemu dengan 28 Korban TPPO yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Para korban saat ini sedang menjalani proses assesmen oleh sentra-sentra Kemensos untuk menentukan program rehabilitasi dan pendampingan yang paling sesuai untuk masing-masing individu.

Setelah melalui proses rehabilitasi sosial, para korban akan dipulangkan kembali ke daerah asal mereka dengan didampingi oleh tim sentra Kemensos.

“Kita akan dampingi terus. Yang paling penting merubah mindsetnya bahwa mereka pasti bisa hidup dan mereka pasti bisa survive. Kalau mereka bisa sungguh-sungguh karena sesuatu yang besar itu dimulai dari hal yang kecil,” tambahnya.

Selain proses rehabilitasi, Kementerian Sosial melalui sentra-sentra juga akan memberikan pelatihan vokasional dan pemberdayaan bagi para korban untuk membuat mereka lebih berdaya dan tak ingin kembali ke negeri tetangga.

Kemensos juga akan menyinergikan dengan para pendamping sosial di lapangan untuk dapat memonitor perkembangan para korban TPPO ini.

Selain itu, Mensos juga mengimbau agar para korban TPPO ini tidak mudah tergoda dengan sesuatu yang mewah dengan pendapatan yang tinggi di negeri orang.

“Ayo jangan mudah percaya kepada orang karena tidak mungkin Tuhan tidak memberikan jalan apalagi kita mempunyai akal, tangan, dan kaki,” imbuhnya.

Kami Hadir di Google News