ADVERTISEMENT
Kemensos

Mensos Minta Orang Tua Tak Sembunyikan Anak Penyandang Disabilitas

54
×

Mensos Minta Orang Tua Tak Sembunyikan Anak Penyandang Disabilitas

Sebarkan artikel ini
Menteri Sosial Tri Rismaharini Di Sentra Mulya Jaya Kemensos
Menteri Sosial Tri Rismaharini di Sentra Mulya Jaya Kemensos. (f/humas)

Mjnews.id – Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mengajak para orang tua untuk tidak menyembunyikan anak-anak penyandang disabilitas. Pernyataan ini disampaikan saat beliau bertemu dengan penyandang disabilitas rungu wicara di Sentra Mulya Jaya Kemensos, Jakarta, pada Kamis (11/1/2024).

Mensos menyatakan bahwa anak-anak penyandang disabilitas perlu mendapatkan dukungan agar bisa mandiri. Menurutnya, penyandang disabilitas memiliki potensi untuk sukses jika kemampuannya diasah dengan baik dan tepat.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Oleh karena itu, Mensos memberikan instruksi kepada semua sentra di bawah Kementerian Sosial untuk memiliki program rehabilitasi sosial yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan disabilitas.

Baca Juga  Operasi Katarak di Malang, Mensos: Waspadai Jika Penglihatan Anak Tidak Jelas!

“Tidak boleh ada orang tua yang menyembunyikan anak-anaknya yang disable,” tegasnya.

Mensos menegaskan bahwa pihaknya akan membantu mereka yang mampu untuk mengaktualisasikan diri dan bersaing di dunia kerja. Ia meminta agar sentra memiliki kurikulum pelatihan vokasional yang sesuai dengan permintaan pasar sehingga setelah kembali ke masyarakat, penyandang disabilitas bisa bekerja.

Baca Juga  Kemensos Bantu Penyandang Disabilitas yang Alami Kelumpuhan Otak

Mensos menyoroti peran penting Kementerian Sosial dalam menangani penyandang disabilitas, dan menginstruksikan sentra di bawahnya untuk fokus pada rehabilitasi sosial agar penyandang disabilitas dapat lebih mandiri dan sukses di dunia kerja.

Salah satu contoh sukses adalah Sentra Mulya Jaya di Jakarta Timur, di mana sejumlah penerima manfaat telah berhasil memasuki dunia kerja, seperti Hany yang kini bekerja di restoran cepat saji dan Ronald yang bekerja di industri.

Kami Hadir di Google News