Kemensos

Kemensos Adakan Pelatihan Menjahit di Rusun Sentra Mulya Jaya Jakarta

120
×

Kemensos Adakan Pelatihan Menjahit di Rusun Sentra Mulya Jaya Jakarta

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Menjahit Di Rusun Sentra Mulya Jaya Jakarta
Pelatihan Menjahit di Rusun Sentra Mulya Jaya Jakarta. (f/humas)

Mjnews.id – Kementerian Sosial (Kemensos) selenggarakan pelatihan menjahit dalam rangka acara Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) di Rusun Sentra Mulya Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Workshop ini dihadiri oleh 303 peserta, termasuk pendamping sosial, keluarga penerima manfaat, dan warga dari Sentra Mulya Jaya.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan wirausaha peserta dengan memberikan pelatihan yang dapat menambah keterampilan dan kreativitas mereka. Selama pelatihan, peserta diajarkan cara menjahit dengan praktik langsung, khususnya dalam pembuatan sandal hotel.

Atik, instruktur menjahit dari UKM Mampu Jaya asal Surabaya, Minggu 28 Januari 2024, mengungkapkan bahwa antusiasme para peserta sangat baik. Ia juga mengajak warga sekitar untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Kemensos untuk menambah keterampilan.

Salah satu peserta, Herlina (42), yang telah graduasi dari kegiatan PENA pada tahun 2023, menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan berbagai bekal keterampilan yang dapat meningkatkan penghasilan ekonomi keluarga.

Herlina juga menceritakan perjalanannya setelah menerima bantuan dana Rp 50 juta dari Kemensos untuk usaha produksi sendal hotel yang dinamai Mawar Mekar Home Industry. Meskipun mengalami beberapa hambatan, Herlina berhasil mengatasi dan kini memiliki pendapatan sekitar Rp 12 juta per bulan.

Herlina tidak hanya merasakan peningkatan pendapatan, tetapi juga senang karena dapat membantu orang lain dengan menyerap 10 tenaga kerja. Ia berharap usahanya terus berkembang dan dapat membantu lebih banyak orang di masa mendatang.

Kami Hadir di Google News