Kemensos

Kemensos Buat Fasilitas Posko Pengungsian yang Nyaman di Sukabumi

80
×

Kemensos Buat Fasilitas Posko Pengungsian yang Nyaman di Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Posko Pengungsian Bagi Korban Longsor Di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kota Sukabumi, Jawa Barat
Posko pengungsian bagi korban longsor di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kota Sukabumi, Jawa Barat. (f/kemensos)

Mjnews.id – Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Robben Rico, didampingi Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA), Muhammad Delmi, melakukan peninjauan di posko pengungsian bagi korban longsor di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).

Dalam peninjauannya, Robben berdialog dengan relawan, terutama anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana), untuk memastikan kenyamanan fasilitas posko pengungsian.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Ia menekankan pentingnya standar tinggi, kebersihan, dan ketersediaan fasilitas seperti MCK, tempat sampah, tempat cuci tangan, dan area bermain untuk anak-anak. Selain itu, ia juga memastikan ketepatan waktu penyediaan makanan untuk para pengungsi.

Sejak bencana longsor melanda Desa Mekarwangi pada 24 Januari 2024, Kementerian Sosial (Kemensos) telah bergerak cepat dengan mendirikan tenda pengungsian, toilet portable, dan memasang solar cell untuk memenuhi kebutuhan listrik para pengungsi. Dapur umum juga didirikan untuk menyuplai kebutuhan dasar dan nutrisi dengan memproduksi 1.200 nasi bungkus per hari.

Selain itu, Kemensos menyalurkan bantuan logistik melalui Gudang Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dan Sentra Paramita Sukabumi. Bantuan tersebut mencakup tenda keluarga, tenda gulung, makanan siap saji, kasur, selimut, family kit, kidsware, sandang dewasa, dan sandang anak.

Robben menyampaikan rasa syukur dari para pengungsi terhadap bantuan yang diberikan. Ia juga mengimbau agar warga tidak kembali ke rumah sampai kondisi aman, karena wilayah tersebut masih rawan longsor. Warga diharapkan untuk sementara tinggal di posko pengungsian demi keselamatan mereka.

Kami Hadir di Google News