banner pemkab muba
Kepulauan Riau

Jabatan 21 Kades di Bintan Berakhir, Pilkades Serentak Digelar 29 September 2022

103
×

Jabatan 21 Kades di Bintan Berakhir, Pilkades Serentak Digelar 29 September 2022

Sebarkan artikel ini
Kepala Dpmd Kabupaten Bintan, Ronny Kartika
Kepala DPMD Kabupaten Bintan, Ronny Kartika. (ist)

Bintan, Mjnews.id – Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bintan mencatat, ada 21 kepala desa (Kades) yang masa jabatannya akan segera berakhir di tahun ini.

Maka untuk mencari pengganti pejabat tersebut harus dilakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak.

Kepala DPMD Kabupaten Bintan, Ronny Kartika mengatakan, Kabupaten Bintan memiliki 36 desa yang tersebar di 10 kecamatan. Dari total itu, 21 desa yang ada di 9 kecamatan akan menggelar pilkades di tahun 2022 ini.

“Tahapan pelaksanaan pilkades sudah berlangsung dengan pembentukan panitia pilkades di masing-masing desa,” ujar Ronny, Jumat (18/2/2022).

Maka dari itu, Ronny juga meminta aparat kepolisian dan TNI serta seluruh instansi terkait lainnya menaruh perhatian serius agar pelaksanaan pilkades serentak 2022 bisa berlangsung aman dan lancar.

Adapun desa yang akan menggelar pilkades serentak di tahun ini, yakni di Kecamatan Tambelan ada 5 desa. Diantaranya Desa Pulau Pinang, Kampung Melayu, Batu Lepuk, Kukup dan Pengikik.

Kemudian, 5 desa di Kecamatan Teluk Sebong yaitu Desa Berakit, Pengudang, Ekang Anculai, Sebong Pereh dan Sri Bintan. Lalu, 3 desa di Kecamatan Bintan Pesisir terdiri dari Desa Numbing, Air Glubi, dan Mapur.

Berikutnya, 3 desa di Kecamatan Mantang adalah Desa Mantang Baru, Mantang Besar, dan Mantang Lama. Lalu Desa Teluk Bakau di Kecamatan Gunung Kijang, Desa Lancang Kuning di Kecamatan Bintan Utara, Desa Kuala Sempang di Kecamatan Seri Koala Lobam, Desa Toapaya di Kecamatan Toapaya, dan Desa Pengujan di Kecamatan Teluk Bintan.

“Dijadwalkan untuk pelaksanaan pencoblosannya pada 29 September 2022,” katanya.

Setelah pilkades berjalan dengan lancar. Maka tahapan selanjutnya adalah pelantikan. Jika tidak ada hambatan, pelantikan kades yang terpilih akan digelar pada pertengahan Desember 2022 mendatang.

“Kita minta kepada seluruh masyarakat di desa yang melangsungkan pelaksanaan pilkades serentak tahun ini untuk berperan aktif dalam mensukseskan pesta demokrasi tersebut,” ucapnya.

(isb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600