LampungLampung Barat

Perkuat Sinergitas, Gubernur Lampung Kunjungan Kerja ke Lampung Barat

109
×

Perkuat Sinergitas, Gubernur Lampung Kunjungan Kerja ke Lampung Barat

Sebarkan artikel ini
Img 20230319 032006 Resize 81

Lampung Barat, Mjnews.id – Sinergitas dan mengawali tahun 2023 dengan niat melaksanakan seluruh program pembangunan yang lebih baik serta langsung menyentuh masyarakat, Gubernur Lampung kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sekaligus menyaksikan secara langsung kegiatan pembangunan.

Kegiatan ini diawali dengan pembinaan kepada Aparatur Sipil Negeri (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lambar bertempat di Sekolah Kopi Pekon Suka Jaya, Kecamatan Sumber Jaya, Selasa (24/01/2023).

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Dalam kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Lambar, Drs. H. Nukman M.M menyampaikan terima kasih atas silaturahmi sekaligus pembinaan kepada Aparatur Sipil Negeri (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lambar.

Nukman, mengungkapkan, sejauh ini Pemkab Lambar sudah mendukung penuh atas program pembangunan di Lampung diantaranya dapat dilihat dari tema pembangunan Lambar tahun 2023 yakni “Penguatan ekonomi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur publik”.

Pj Bupati Lambar, Nukman menyampaikan terimakasih atas program yang telah dijalankan Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Lambar, diantaranya sektor pertanian dan perkebunan yang merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung.

“Selain itu di bidang infrastruktur, pembangunan jalan Kecamatan Suoh sepanjang 1,15 Km, Pembangunan jalan di Kecamatan Kebun Tebu dengan nilai mencapai Rp. 12 M,” tuturnya.

Pemimpin Kabupaten berjuluk Negeri di Atas Awan itu berharap kedepannya Pemerintah Provinsi Lampung dapat mendukung rencana Pembangunan di tahun 2023 ruas jalan Liwa – Sumatra Selatan sepanjang 19,1 meter.

Gubernur Lampung mengatakan untuk mewujudkan sasaran pembangunan di Lampung perlu adanya kontribusi dan dukungan dari Kabupaten/kota. Oleh karena itu, Arinal meminta kepada Pemkab Lambar ke depannya dapat berkontribusi dalam menjalankan pembangunan di Lampung.

Di sela-sela sambutannya, Arinal menyampaikan catatan untuk Kabupaten Lambar ke depannya dibutuhkan penguatan ekonomi rakyat dengan mengoptimalkan perkebunan kopi masyarakat baik melalui diversifikasi intercroping dan crop livestock ternak kambing dengan kopi untuk meningkatkan pendapatan petani.

“Mengingat PDRB perkapita Lambar saat ini terendah di Provinsi Lampung, yakni Rp. 24 juta per tahun per jiwa. Juga hilirisasi hortikultura seperti cabe dan tomat yang saat panen harga jual jatuh di lakukan program hilirisasi terhadap produksi hortikultura,” sebutnya.

Untuk mendukung akses perekonomian di Kabupaten Lambar di tahun 2023 Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan Pembangunan dan pemeliharaan beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi.

“Pembangunan Ruas Pekon Balak – Suoh, Pembagunan Ruas Suoh – Sp. Blok 9, Pembangunan Sp. Trimulyo – Bungin – SP Tugu Sari, Pemeliharaan Liwa – Batas Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan stand UMKM oleh Gubernur Lampung didampingi Penjabat Bupati Lambar, Drs. H. Nukman M.M.
Sembari mengelilingi stand, Gubernur nampak menikmati berbagai olahan yang disuguhkan pemeran UMKM diantaranya Cascaraku Kue yang terbuat dari kulit kopi, Dodol labu siam, Dodol cabai hingga keripik pisang.

Dirinya berharap ke depannya UMKM yang ada, dapat dibina dan diarahkan melalui Dinas Koperasi.

“Dengan harapan pelaku UMKM dapat lebih bergairah dalam memasarkan berbagai produk kuliner khas daerah Lambar,” tutur orang nomor satu di Provinsi Lampung tersebut.

Selain pembinaan ASN dan peninjauan stand UMKM Gubernur Lampung juga melaksanakan mengadakan pengajian Akbar, ditandai dengan puluhan ribu masyarakat Lampung Barat (Lambar) yang memadati Lapangan Sanayuda Kelurahan Pajar Bulan Kecamatan Way Tenong untuk yang menghadirkan Sholeh Mahmoed Nasution atau lebih dikenal dengan Ustaz Solmed.

“Kemudian, Provinsi Lampung bersama Pemerintah Kabupaten/Kota sedang menggalakkan pembangunan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Lampung. Salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung adalah Kartu Petani Berjaya,” terang Gubernur.

“Hingga November 2022, kinerja program kartu petani berjaya telah mampu mendorong penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 452,54 miliar untuk 12,221 petani,” sambungnya.

“Pada tahun 2022 yang lalu, Pemerintah Provinsi lampung telah menyalurkan bantuan sarana dan prasarana rumah ibadah sebanyak 577 unit serta pencairan dana hibah untuk renovasi rumah ibadah 238 unit,’ jelas Arinal.

(ton)

Kami Hadir di Google News