banner pemkab muba
Nasional

Narasi Negatif Bayangi Popularitas Tiga Calon Presiden di Media Sosial

230
×

Narasi Negatif Bayangi Popularitas Tiga Calon Presiden di Media Sosial

Sebarkan artikel ini
Narasi Negatif Bayangi Popularitas Tiga Calon Presiden Di Media Sosial

Mjnews.id – Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan menjadi calon presiden yang populer dibicarakan oleh warganet di Twitter sepanjang Triwulan ke-2 (April-Juni) 2023. Namun popularitas ini mulai dibarengi oleh narasi-narasi negatif yang bertujuan menjatuhkan nama-nama kandidat presiden yang akan bersaing dalam pemilihan umum yang akan digelar tahun depan.

Riset Respublica Institute memperlihatkan “Pemilu Presiden” menjadi tema yang populer dibicarakan warganet dalam kurun tiga bulan belakangan. Tema ini termasuk populer di Twitter dengan total percakapan mencapai 772.480 twit dan menjadi trending topic selama 206,5 jam. Percakapan tentang “Pemilu Presiden” ini menghasilkan 11 kata kunci dan 6 tagar.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjadi kandidat calon presiden yang paling populer dibicarakan warganet. Sosok Ganjar menghasilkan volume percakapan warganet sebanyak 242.774 twit (59 %). Ia mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan yang menghasilkan volume percakapan warganet sebanyak 128.168 (31 %) dan 40.907 (10 %) twit.

Volume percakapan tentang Ganjar bersumber 3 kata kunci dan 1 tagar. Peristiwa pencalonan Ganjar sebagai kandidat presiden PDI-P pada pertengahan April 2023 menjadi pemicu lonjakan percakapan ini. Kata Kunci ‘Ganjar’ menjadi yang terpopuler dengan 199.558 twit dan menjadi trending topic selama 13 jam. Selain itu terdapat pula kata kunci, ‘Puan’ (16.916 twit).

Sementara sosok Prabowo Subianto menjadi perbincangan populer melalui 3 tagar dan 3 kata kunci yang menjadi trending topic. Kata kunci ‘Prabowo Subianto’ menjadi yang terpopuler dan muncul selama 5 hari pada April dan Mei 2023.

Kata kunci ‘Prabowo Subianto’ menghasilkan volume percakapan 56.596 twit dan menjadi trending topic selama 10 jam. Di luar itu, terdapat pula kata kunci populer lain, yaitu ‘Prabowo’ (16.862 twit) dan ‘Pakprabowo Kita’ (12024 twit).

“Kalau dibandingkan dengan Ganjar, percakapan warganet tentang Prabowo dibangun secara lebih konsisten dan kontinyu. Hal ini dilakukan secara terus-menerus dalam tiga bulan terakhir. Sementara percakapan tentang Ganjar hanya meledak ketika Gubernur Jawa Tengah ini dicalonkan secara resmi sebagai calon presiden dari PDIP”, kata peneliti Respublica Institute, Teguh V. Andrew, di Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Sosok mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi menjadi bahan perbincangan warganet melalui dua kata kunci populer pada Mei 2023. Kata kunci ‘Gagasan’ menjadi yang terpopuler yang menjadi trending topic selama 3 hari (21 jam) dan menghasilkan volume percakapan mencapai 27.939 twit. Selain itu, terdapat pula kata kunci ‘Anies Presiden’ yang menghasilkan volume percakapan sebesar 12.968 twit).

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600