banner pemkab muba
Nasional

Ini Tiga Harapan Besar Rivano Osmar pada HUT Kemerdekaan ke-78 RI

220
×

Ini Tiga Harapan Besar Rivano Osmar pada HUT Kemerdekaan ke-78 RI

Sebarkan artikel ini
Pengusaha pertanian produksi coklat sekaligus Ketua Yayasan Mitra Sejahtera Indonesia (MSI), Rivano Osmar
Pengusaha pertanian produksi coklat sekaligus Ketua Yayasan Mitra Sejahtera Indonesia (MSI), Rivano Osmar. (f/ist)

Mjnews.id – Pengusaha pertanian produksi coklat sekaligus Ketua Yayasan Mitra Sejahtera Indonesia (MSI), Rivano Osmar menyampaikan kritikan masukan dan harapan pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-78 tahun di tahun 2023 ini.

Rivano mengharapkan tiga harapan besar dalam HUT RI ke-78 yang jatuh pada hari Kamis 17 Agustus 2023.

Pertama, merdeka dari kesenjangan, Ia mengatakan, dalam kurun waktu 78 tahun Indonesia merdeka, masih terasa kesenjangan ekonomi, politik, sosial dan pendidikan.

Bidang ekonomi sebagian besar masih dikuasai segelintir elite, yang menghegemoni kekuasaan dengan kekuatan finansial. Bahkan, jarak antara si kaya dan si miskin makin jauh, apalagi usai pandemi COVID-19.

“Di bidang sosial dan pendidikan juga sama, masih ada kesenjangan dalam fasilitas bagi saudara-saudara kita di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Juga, pentingnya perhatian dan dukungan pemerintah dalam pendidikan pesantren,” kata Rivano.

Kedua, merdeka dari oligarki serta mafia ekonomi dan kesehatan. Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir, perdebatan terkait dengan mafia ekonomi dan kesehatan semakin meruncing.

Kebijakan-kebijakan diambil sebagian terasa untuk kepentingan oligarki dengan meminggirkan peran rakyat kecil. Selain itu, adanya mafia-mafia di bidang ekonomi dan kesehatan, yang selama ini menghambat perbaikan sistem untuk transformasi Indonesia.

“Mari jadikan Indonesia sebagai negara untuk semua. Kelompok yang memegang kendali ekonomi dan kekuasaan, seharusnya mengayomi dan mengangkat rakyat kita, serta para pengusaha muda,” ujarnya.

Ketiga, merdeka untuk melahirkan pemimpin di tengah masyarakat yang saat ini baru berbenah dikarnakan 2 tahun masyarakat kita terkena dampak pandemi.

Rivano menjelaskan, pepatah kuno menyebut bahwa pemimpin hebat lahir di tengah krisis. Karena itu, pasca pademi harus jadi semangat bersama untuk bergotong-royong, saling bantu, serta melahirkan pemimpin besar yang bervisi global dengan nilai-nilai Pancasila dan keindonesiaan.

Lebih dari pada itu Rivano juga menyelipkan uangkapnya terkait pesta demokrasi Indonesia yang akan melaksanakan pemilu 2024.

Menurutnya, semua warga masyarakat saatnya ikut terlibat mendukung upaya menghadirkan pemimpin pusat yang berkualitas, peduli rakyat, berpihak pada ekonomi kerakyatan demi kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Ia menyebut sosok pemimpin kesatria yang bakalan mampu mengemban amanah untuk jadi pemimpin Indonesia selanjutnya.

“Saya sudah punya pilihan calon persiden. Saya terang-terangan saja mendukung pak Prabowo Subianto sebagai presiden RI setelah Pak Joko Widodo. Ya, sebagai warga yang baik saya tentunya menginginkan seorang pemimpin yang satria. Tidak hanya itu, pemimpin yang juga getol memperhatikan rakyatnya,” pungkas Rivano.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600