Nasional

Unjuk Rasa, Mahasiswa Kembali Desak KPK Tangkap Herman Deru Terkait Tiga Kasus

427
×

Unjuk Rasa, Mahasiswa Kembali Desak KPK Tangkap Herman Deru Terkait Tiga Kasus

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Kembali Desak Kpk Tangkap Herman Deru
Mahasiswa Kembali Desak KPK Tangkap Herman Deru. (f/ist)

Mjnews.id – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Indonesia (KMI) kembali menyambangi gedung KPK RI dengan melakukan unjuk rasa, Rabu (27/12/2023).

Mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Indonesia (KMI) kembali melakukan aksi unjuk rasa terkait dengan dugaan skandal korupsi yang dilakukan oleh mantan Gubernur Sumatera Selatan (Herman Deru)

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Muhamad Adib Alwi selaku koordinator aksi menyampaikan bahwa KMI telah melakukan dua kali aksi untuk mendesak KPK segera menangkap Herman Deru yang mereka duga terlibat dalam tiga kasus saat ia menjabat Gubernur Sumatera Selatan.

“Kami tidak main-main dalam mengawal kasus ini, KPK harus segera menunjukkan taringnya dalam penindakan terhadap eks Gubernur Sumsel,” ujar Adib.

KMI mengklaim mereka memiliki data falid yang telah diserahkan ke KPK terkait Herman Deru. “Data telah kami serahkan ke KPK selanjutnya tugas mereka untuk menindaklanjuti, kami meminta agar KPK kooperatif dalam menangani kasus ini sebab ada isu yang berkembang HD dilindungi oleh petinggi KPK,” ujarnya saat diwawancara tim media.

Dalam aksi yang digelar tersebut, salah satu orator menyampaikan bahwa HD terindikasi berada dalam tiga pusaran kasus di sumsel.

“Kami mengendus keterlibatan Herman Deru dalam kasus PT. SMS terkait dengan penyalahgunaan wewenang kerjasama pengangkutan batubara tahun 2019-2021,” ujar orator.

Kasus lain yang disoroti adalah terkait dengan proyek pembangunan komplek kantor Gubernur Sumsel yang mangkrak setelah menelan biaya ratusan miliar rupiah.

Selanjutnya KMI juga menyoroti persoalan RUPS-LUB Bank Sumsel Babel Tahun 2020. Menurut penjelasan orator HD sempat akan diperiksa oleh Kepolisian namun sampai hari ini kasus ini belum terbuka terang dan ada upaya penutupan kasus.

KMI juga menyayangkan langkah KPK yang lamban dalam menuntaskan ketiga kasus yang mereka soroti.

“Padahal terang sekali yang bersangkutan terindikasi berada didalam pusaran beberapa kasus korupsi di Sumatera Selatan namun sampai hari ini tidak ada langkah maju KPK dalam menangani kasus ini,” ujar orator aksi.

Dalam aksinya KMI menekankan agar KPK RI segera menahan dan menetapkan tersangka mantan Gubernur Sumatera Selatan (Herman Deru).

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT