ADVERTISEMENT
OlahragaKota PariamanSumatera Barat

Duet Pelatih Alan Martha dan David Ardi Sukses Bawa Persikopa ke Final Piala Soeratin U-17 Nasional

113
×

Duet Pelatih Alan Martha dan David Ardi Sukses Bawa Persikopa ke Final Piala Soeratin U-17 Nasional

Sebarkan artikel ini
Duet Pelatih Alan Martha Dan David Ardi
Duet Pelatih Alan Martha dan David Ardi. (f/pemko pariaman)

Mjnews.id – Penampilan apik duet Pelatih Alan Martha, eks penyerang Timnas Indonesia, dengan David Ardi, eks pemain dan pelatih PSP, berhasil mengantarkan Persikopa menembus babak final dan menjadi runner up Piala Suratin U-17 Putaran Nasional.

Persatuan Sepakbola Kota Pariaman (Persikopa) tampil memukau di ajang Piala Suratin U-17 yang digelar di Surabaya, Provinsi Jawa Timur, sejak 20 Januari 2024 lalu itu. Walau kalah tipis lewat adu penalti dari Batavia FC, wakil dari DKI Jakarta, pada  partai final, Sabtu 3 Februari 2024.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Tangan dingin dari kedua sosok pelatih ini mampu meracik permainan Persikopa tampil impresif di setiap pertandingan, dengan catatan 20 gol yang dilesakkan ke jala lawan.

Alan Martha sendiri adalah mantan pesepakbola dan pemain Timnas U-16, U-17 dan U-19 yang pernah membela Persija Jakarta, Persepar Palangkaraya, Sriwijaya, Kalteng Putra, Celebest, Persikad Depok dan pernah menjadi andalan di Deportivo Indonesia, pemain Timnas yang disekolahkan di Uruguay selama 3 tahun.

Tahun 2023 lalu, menjadi tahun keemasan bagi Persikopa, karena sukses merebut dua gelar bergengsi yang mereka ikuti.

Gelar pertama yakni Piala Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Sepakbola Sumatera Barat yang digelar oleh Pemprov Sumbar di Tiku, Kabupaten Agam bulan Juni 2023, di mana Persikopa sukses meraih gelar juara usai mengalahkan tim kuat PPLP Sumbar di partai final.

Baca Juga  Pecah Rekor! Persikopa Melaju ke Final Piala Soeratin U-17 Nasional

Kesuksesan Persikopa berlanjut di ajang Piala Suratin U-17 zona Sumatera Barat di November 2023, dimana Persikopa ketika di final berhasil mengalahkan tim kuat sekaligus juara bertahan PSP Padang

Kini, di 2024, pada 3 Februari 2024 lalu, tepatnya Sabtu siang, Persikopa wakil Sumatera Barat menghadapi Batavia FC, wakil dari DKI Jakarta di partai pamungkas Piala Soeratin U-17 putaran Nasional, yang digelar di lapangan sepakbola Gelora 10 November Surabaya.

Dari babak penyisihan grup, Persikopa tampil dominan dengan mengkandaskan Kalimantan Tengah 8 gol tanpa balas, lanjut menang 1-0 lawan Jawa Barat, kemudian menang 2-0 lawan Jawa Tengah.

Babak 16 besar Persikopa berhasil menang 4-0 lawan Sulawesi Tengah, di babak 8 besar menang 3-0 atas Papua dan di semifinal kembali mengalahkan Jawa Tengah dengan skor tipis 1-0.

Di partai final dapat menahan imbang 1-1 Batavia FC dari DKI Jakarta di waktu normal, dimana pertandingan dilanjutkan dengan adu tos-tosan yang dimenangkan oleh wakil DKI Jakarta.

Duet pelatih Alan Martha dan David Ardi ini, sukses membawa Persikopa menggapai final di ajang Nasional, dimana mereka saling melengkapi dalam meracik strategi sekaligus membentuk mental dan semangat juang para pemain untuk memberikan penampilan maksimal di setiap pertandingan.

Baca Juga  Banjir, Kamang Baru Sijunjung Hanya Bisa Dilewati Truk

Alan Martha yang sudah menukangi Persikopa sejak tahun 2017 ini, memang belum dapat menemukan permainan dan skuad yang terbaik, sampai di tahun 2022, setelah masuknya Asisten Pelatih David Ardi, Persikopa mampu berbicara ditingkat Sumbar, dengan tembus di Semifinal piala Soeratin U-17 zona Sumbar.

Terakhir, menjadi Juara setahun berikutnya, dan berhak mewakili Sumatera Barat di pentas Piala Soeratin U-17 putaran Nasional.

“Disiplin dan kekompakan kunci dari keberhasilan Persikopa, tidak ada pemain dan pelatih yang lebih besar dari tim ini, semua saling melengkapi dan memahami kelebihan dan kekurangan masing masing, dan setiap pemain selalu menunjukkan progres yang semakin baik di setiap pertandingan,” ujar Alan.

Walaupun Persikopa tidak dapat membawa pulang Piala Soeratin U-17 Nasional ke Sumatera Barat, khususnya Kota Pariaman, setidaknya tim yang ditukanginya ini tercatat sebagai sebuah sejarah baru bagi Kota Pariaman di ajang Nasional ini.

“Ini menjadi kebanggaan bagi para pemain nantinya,” ulasnya mengakhiri.

(*)

Kami Hadir di Google News