banner pemkab muba
ParlemenPemilu

DPR Dukung Komnas HAM Bentuk Tim Pemantau Pemilu 2024

112
×

DPR Dukung Komnas HAM Bentuk Tim Pemantau Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi Ii Dpr Ri Fraksi Pan, Guspardi Gaus
Anggota komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus. (f/dpr)

JAKARTA, Mjnews.id – Anggota komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus apresiasi dan dukung Komnas HAM yang membentuk Tim Pemantau Pemilu 2024.

Menurut Anggota DPR Guspardi Gaus salah satu fokus tim ini adalah memastikan kasus kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2019 tidak terjadi lagi. Ini adalah wujud gotong royong dan kepedulian serta perhatian dalam mensukseskan Pemilu.

“Semua pihak memang harus peduli dan mengambil peran guna memastikan Pemilu berjalan dengan baik dan memastikan jangan ada lagi korban dalam proses penyelenggaraannya,” ujar Guspardi kepada wartawan pada Kamis 26 Januari 2023.

Kata Guspardi Gaus harus Belajar dari pengalaman pelaksanaan Pemilu pada 2019 lalu, dan memang harus lebih hati-hati.

‘”Karena hampir seribuan orang petugas KPPS meninggal karena faktor kelelahan akibat beban tugas yang berat dan lain sebagainya. perlu dilakukan langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang lagi pada pemilu mendatang”, ujar Guspardi.

Legislator dapil Sumatera Barat 2 ini menegaskan, bahwa Pemilu itu harus inklusif dengan tidak mengabaikan dan meninggalkan kelompok manapun sebagai warga negara yang mempunyai hak pilih. Tim dari Komnas HAM ini diharapkan juga memantau dan memastikan proses Pemilu dapat dilaksanakan dengan Luber dan adil, tidak ada diskriminasi, akuntabel dan independen serta tidak di intervensi oleh pihak manapun.

Oleh karena itu, Tim Komnas HAM ini hendaknya berkoordinasi dan melakukan sinergi dengan penyelenggara pemilu (KPU, Bawaslu & DKPP) serta melakukan komunikasi dengan Komisi II DPR RI untuk melakukan penguatan dalam mengawasi dan mengawal pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan adil dan demokratis.

Sebelumnya, (Komnas HAM) bakal membentuk tim pemantau Pemilu 2024. Wakil Ketua Internal Komnas HAM RI Pramono Ubaid Tanthowi mengungkapkan, pembentukan tim ini dilakuka guna memastikan kasus ratusan kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tak lagi terulang.

“Kita juga ingin memastikan bagaimana regulasi yang ada di lembaga penyelenggara pemilu untuk memastikan hak atas kesehatan para petugas,” ujar Pramono dalam rapat kerja Komnas HAM dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (18/1/2023).

(eki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600