Parlemen

Senator Nono Sampono Ajak Generasi Muda Tanamkan Nilai Wawasan Kebangsaan

149
×

Senator Nono Sampono Ajak Generasi Muda Tanamkan Nilai Wawasan Kebangsaan

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2023 04 18 19 30 15 79 resize 55

Mjnews.id – Era kemajuan ilmu pengetahuan yang begitu luar biasa, khususnya di bidang teknologi dan informasi, perlu diimbangi dengan pemahaman terhadap Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Hal tersebut menjadi kunci untuk memupuk jiwa dan semangat nasionalisme bagi masyarakat, utamanya bagi generasi muda dalam membangun karakter bangsa yang kuat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono saat melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar bersama Remaja Islam Wailette Kamiri, Desa Hative Besar, Kec. Teluk Ambon, Kota Ambon, Senin (17/4/2023).

Menurutnya, generasi muda juga harus ikut menjaga dan mempertahankan Pancasila, sebagai dasar negara. Dengan begitu keutuhan NKRI tidak mudah dipecah belah oleh paham-paham yang bertentangan dengan nilai Pancasila. 

Nono juga menyebut bahwa upaya mempertahankan Pancasila, bisa dilakukan dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi 4 pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) sangat diperlukan dan harus terus dilakukan. Tujuannya, agar generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa tidak lupa, dan bisa terus menjaga jati diri Bangsa Indonesia.

Menurut Nono Sampono, perkembangan teknologi saat ini semakin masif, hal ini salah satu potensi dan ancaman bagi generasi penerus jika tidak pandai memilah dan memilih cara menggunakannya.

“Mari kita sebarkan pesan dan semangat persatuan dan berlomba-lomba memberikan informasi yang edukatif, jangan sebaliknya, yang akan memecah belah keutuhan NKRI,” ujar Nono Sampono.

Dikatakan di era dinamika dengan arus global yang cukup deras ini maka nilai-nilai wawasan kebangsaan harus terus dibangun.

“Sehingga sebagai warga negara yang baik tidak mudah terpengaruh dengan budaya yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila,” tegas Nono dalam penyampaian materinya.

Kegiatan tersebut selain ajang bersilaturahmi juga dapat meningkatkan komunikasi dan sikap demokrasi sekaligus menyerap aspirasi generasi muda di Kota Ambon.

Nono berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat memahami dan menanamkan butir-butir Pancasila.

“Mari kita sama-sama menanamkan butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita bisa menyaring setiap aktivitas yang akan kita lakukan,” pungkasnya.

(dpd)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600