Pendidikan

Ini Daftar Universitas Swasta dengan Serapan Lulusan Tertinggi

327
×

Ini Daftar Universitas Swasta dengan Serapan Lulusan Tertinggi

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Universitas Pertamina
Mahasiswa Universitas Pertamina. (f/ist)

Mjnews.id – Serapan lulusan menjadi salah satu indikator penting dalam memilih universitas untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Menyitir laporan BPS, proporsi tenaga kerja dari lulusan universitas hanya mencapai 9,92 persen pada Februari 2022. Jumlah itu bahkan turun dibanding Februari 2021 sejumlah 10,18 persen.

Itu sebabnya kampus-kampus yang memiliki serapan lulusan tinggi banyak diburu, karena menunjukkan kualitas pendidikan yang baik serta peluang kerja yang lebih tinggi bagi lulusannya.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Berikut adalah beberapa institusi pendidikan swasta yang memiliki serapan lulusan tinggi di Indonesia:

Universitas Swasta dengan Serapan Lulusan Tinggi di Indonesia

  1. Universitas Pertamina
Kampus Universitas Pertamina
Kampus Universitas Pertamina.

Kampus teknologi dan bisnis berorientasi energi ini didapuk sebagai kampus swasta terbaik peringkat 4 di Jakarta versi UniRank 2023. Berdasarkan tracer study, memiliki persentase serapan lulusan sebesar 96 persen, terbukti menjadi salah satu universitas swasta dengan serapan lulusan tertinggi di Indonesia.

Dzati Lawrandrenana, alumni program studi Komunikasi tahun 2017 yang saat ini berkarir di Pertamina EP, menyebut kesempatan magang di Pertamina grup, riset bersama industri, dan bimbingan dosen ahli membuatnya lebih kompetitif di pasar kerja. Selain itu, universitas ini juga memiliki program Lulusan Merah Putih yang menyiapkan lulusan terbaiknya untuk berkarir di Pertamina grup setelah lulus.

Tahun ini, peserta program Lulusan Merah Putih mendapat kesempatan mengisi 45 posisi jabatan di Pertamina grup. Peserta diberikan pelatihan khusus, mentoring dan kesempatan magang di Pertamina selama masa studi, yang mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan dan membangun jaringan profesional yang kuat.

  1. Universitas Bina Nusantara (BINUS)
Kampus Universitas Bina Nusantara (Binus)
Kampus Universitas Bina Nusantara (Binus).

BINUS merupakan salah satu universitas swasta yang fokus pada teknologi informasi dan bisnis. Dengan kurikulum yang relevan dengan tuntutan industri saat ini, BINUS berhasil mencetak lulusan yang siap bersaing di pasar kerja.

Serapan lulusan BINUS di bidang teknologi informasi sangat tinggi, dengan banyak lulusan yang berhasil bekerja di perusahaan teknologi terkemuka.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT