PolitikPasaman BaratSumatera Barat

Terkait Video Viral, Rezka Oktoberia Minta Bawaslu Pasaman Barat Segera Tindaklanjuti Laporan Masyarakat

197
×

Terkait Video Viral, Rezka Oktoberia Minta Bawaslu Pasaman Barat Segera Tindaklanjuti Laporan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Anggota Dpr Ri Dari Komisi Ll, Rezka Oktoberia
Anggota DPR RI dari Komisi ll, Rezka Oktoberia. (f/ist)

Mjnews.id – Dinamika Politik di Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, buncah, terkait video viral Bupati Pasaman Barat H Hamsuardi diduga mengarahkan sejumlah Kepala Desa dan para Camat di lingkungan Pemkab Pasaman Barat untuk memenangkan anaknya yang maju menjadi Calon Anggota Legislatif DPR RI.

Dalam video yang diduga digelar di ruangan pertemuan rumah dinas bupati setempat ini, tampak Bupati Pasbar, Hamsuardi sedang berbicara meminta bantu agar seluruh orang yang hadir didalam ruangan itu untuk memenangkan anaknya yang saat ini maju sebagai calon legislatif DPR RI dari dapil Sumbar 2.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Ini anak saya yang mencalon jadi anggota dewan itu,” kata Bupati Hamsuardi sambil mengenalkan anaknya kepada orang (diduga Camat, Pj Wali, Sekna, Bamus, Jorong, perangkat nagari dan tokoh adat se Kecamatan Sasak Ranah Pasisie) yang hadir di dalam ruangan itu, seperti dikutip dari media Pikiran Rakyat, baru-baru ini.

Menanggapi hal tersebut legislator DPR RI dari Komisi ll yang bermitra dengan Bawaslu, Rezka Oktoberia saat dihubungi wartawan,terkait isu yang beredar menyampaikan, Bawaslu harus menindak lanjuti laporan masyarakat , supaya masyarakat betul-betul tahu bahwa Bawaslu Pasaman Barat menegakkan aturan dengan baik dan benar. Sehingga masyarakat percaya akan Netralitas ASN di Pemilu Serentak 2024 serta hasil Pemilu 2024. Pesta demokrasi yang berjalan damai dan badunsanak yang digaungkan masyarakat Sumbar ini, jangan sampai tercederai oleh sejumlah oknum dan ASN nakal.

“Laporan masyarakat ini harus segera ditindaklanjuti Bawaslu beserta Gakumdu, jangan nanti Bawaslu mendapatkan preseden buruk di mata masyarakat, jangan sampai menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, kalau terbukti ya ditindak tegas,diri nya selaku Anggota Komisi ll DPR RI akan mengawasi kasus ini dan akan menyurati MenPAN-RB dan Kemendagri,” kata legislator DPR RI dapil Sumbar II dari Fraksi Demokrat itu, Kamis (18/01/2024) siang.

Rezka Oktoberia, yang akrab disapa uni Rezka itu mengatakan, harus ada keberanian Bawaslu Pasaman Barat dalam menegakkan aturan sesuai peraturan yang berlaku, serta menggaris bawahi jika Bawaslu dituntut mesti adil dan tegak lurus melakukan penindakan terhadap berbagai pelanggaran dalam tahapan Pemilu 2024 dan seandainya ketidakberanian Bawaslu dalam menyikapi berbagai pelanggaran oleh peserta pemilu tentunya menjadi sorotan dari berbagai kelompok masyarakat.

Ditambahkan Rezka Oktoberia, Bawaslu Pasaman Barat harus punya keberanian menindaklanjuti laporan dari masyarakat terhadap indikasi terjadinya dugaan pelanggaran kampanye yang viral di dunia maya itu dan demi terciptanya pemilu yang lebih demokratis, jujur dan adil dengan asas Luber (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia) Bawaslu Pasaman Barat harus segera menindak lanjuti laporan masyarakat tersebut.

Rezka Oktoberia juga menambahkan, padahal terdapat aturan dalam Pasal 2 UU No 5 Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa : “Setiap pegawai ASN harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu”.

“Artinya, ASN harus Netral supaya pemilu bisa berjalan secara jujur dan adil.Pelanggaran atas ketentuan itu diatur Berdasarkan Surat Keputusan Besar (SKB) Nomor 2 tahun 2022 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan,” tutup srikandi ranah minang itu.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT