Kabupaten AgamSumatera Barat

Panen Bawang Merah di Koto Baru, Bupati Agam Yakin Pertanian Mampu Sejahterakan Warga

231
×

Panen Bawang Merah di Koto Baru, Bupati Agam Yakin Pertanian Mampu Sejahterakan Warga

Sebarkan artikel ini
Panen Bawang Merah Di Koto Baru
Bupati Agam, Andri Warman hadiri Panen Bawang Merah di lahan Kelompok Tani Tunas Bawang Merah Jorong Koto Baru, Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu. (f/ist)

Mjnews.id – Bupati Agam, H Andri Warman hadiri panen bawang merah di lahan Kelompok Tani Tunas Bawang Merah, Jorong Koto Baru, Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu, Selasa (20/6/2023).

Bupati didampingi Kadis Pertanian Kabupaten Agam, Afniwirman, Camat Banuhampu, Susi Karmila, Walinagari Kubang Putih, Magdavera dan Pemilik Lahan, Zulhendri.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Pemilik lahan, Zulhendri mengatakan, Kelompok Tani Tunas Bawang Merah merupakan kelompok yang masih pemula.

Zulhendri berharap agar Pemerintah Kabupaten Agam, penyuluh dan Dinas Pertanian memberikan bimbingan kepada kelompok tersebut.

“Kami harap dengan bimbingan dari Pemda Agam, penyuluh dan Dinas Pertanian yang nantinya akan dapat membantu hasil cocok tanam bawang kami untuk kedepannya lebih maksimal lagi,”harapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Afniwirman mengatakan, kelompok tani tersebut berasal dari keinginan dari beberapa pertani bawang sekitar yang dikemas dalam bentuk kelompok.

Namun sebelum itu sambungnya untuk membentuk suatu kelompok tani harus memenuhi beberapa syarat sebelum disahkan oleh Walinagari.

“Adapun beberapa syarat tersebut diantara harus memiliki membentuk kelompok berdasarkan musyawarah, memiliki anggota dari masyarakat sekitar, ilmu dalam becocok tanam dan disahkan dengan surat keputusan (SK) Walinagari,”katanya.

Sejalan dengan hal itu, Bupati Agam meminta kelompok tani tunas bawang merah segera mengurus syarat dan perizinan agar kelompok tersebut nantinya bisa disahkan.

“Saya menyambut dan berharap kelompok ini bisa segera dilegalkan dan menjadikan komoditi pertanian bawang merah di Kabupaten Agam semakin sukses,”ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Agam menyampaikan, menghimbau kepada para petani untuk menambah ilmu tentang pertani kepada penyuluh-penyuluh yang ada.

“Saya yakin dengan adanya kerjasama antara kita semua baik dari penyuluh, pemerintah dan petani maka, sektor pertanian di Kabupaten Agam mensejahterakan masyarakat,” tuturnya.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT