Kabupaten AgamSumatera BaratTNI

TMMD ke-117 di Agam, Buka Akses Jalan dan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Nagari Simarasok

235
×

TMMD ke-117 di Agam, Buka Akses Jalan dan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Nagari Simarasok

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Tmmd Ke-117 Di Nagari Simarasok, Kabupaten Agam
Pembukaan TMMD ke-117 di Nagari Simarasok, Kabupaten Agam. (f/kominfo)

Mjnews.id – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 TA 2023 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat, diwakili Sekdakab Agam, H Edi Busti di Nagari Simarasok, Rabu (12/7/2023).

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl bersama Forkopimda Sumatera Barat dan Kabupaten Agam setelah dilakukannya upacara pembukaan TMMD di lapangan Pandam Simarasok.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar menyampaikan program TMMD merupakan upaya untuk memberdayakan Nagari dengan sasaran meliputi kegiatan fisik dan non fisik.

Kegiatan fisik sendiri terdiri atas pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat, rehab rumah tidak layak huni (RTLH) serta pembangunan sasaran fisik terutama pembukaan jalan.

“Diharapkan keterisolasian suatu daerah ke daerah lainnya menuju pusat pertumbuhan yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian daerah,” ucap Edi Busti saat membacakan sambutan Gubernur Sumbar.

Dandim 0304/Agam, Letkol Czi Renggo Yudi Ariesko dalam tinjauan lapangan menyebutkan pembukaan akses jalan yang telah dilakukan hingga saat ini panjangnya mencapai 3 km.

“Kedepannya akan kita lakukan pengecoran kurang lebih sepanjang 300-400 meter. Diharapkan dengan adanya jalan ini bisa memperlancar sarana transportasi dan bermanfaat untuk masyarakat setempat,”ungkapnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan rehab RTLH sebanyak 4 rumah yang proses pengerjaannya dilakukan oleh TNI bersinergi dengan unsur masyarakat, Pemerintah Daerah dan pihak lainnya.

“Untuk rehab rumah tidak layak huni, Pemkab Agam memberikan bantuan sebesar Rp.12 Juta untuk masing-masingnya,” terang Rudi, Sekretaris Dinas Perkim yang hadir dalam tinjauan lapangan TMMD ke-117.

Diharapkan dengan adanya TMMD ke 117 akan mencapai hasil yang maksimal, sejalan dengan semangat yang terkandung dalam tema “sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan tni-rakyat semakin kuat”.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT